Hadir pula dalam acara ini Plt Direktur Penataan Dirjen SDPPI Denny Setiawan. Denny mengatakan bahwa teknologi 5G sedang dibahas di sidang-sidang internasional mengenai spektrum mana saja yang akan digunakan.

Tujuannya, agar semua negara memiliki kesepakatan yang sama untuk alokasi spektrum 5G. Sehingga vendor ponsel maupun penyelenggara telekomunikasi mampu membangun ekosistem secara seragam. “Ini sedang dibahas, jadi standardisasinya belum diputuskan secara eksak dan akan dibahas di sidang radio telekomunikasi sedunia (World Radio Telecommunication) bersama ITU pada 2019. Bikin standar ini juga tidak selalu dari nol, ada tahapan tahapannya dan sekarang sudah pada tahap setengah jalan,” terangnya.

BACA JUGA :  Cemilan Rumahan dengan Donat Labu yang Sedang Viral Kelezatannya

Ujicoba ini masih bersifat sebagai purwarupa sehingga belum bisa dikomersialkan. Telkomsel optimis dapat menyediakan layanan ini paling lama dalam 5-7 tahun ke depan untuk masyarakat luas, khususnya untuk industri yang memiliki kebutuhan jaringan internet cepat dan besar.

“Masih banyak yang harus dikerjakan di sisi teknologinya. Proyeksi bisa digelar pada 2021, sehingga demo hari ini sudah di atas standar, pemerintah dan masyarakat diharapkan bersiap-siap agar nantinya ketersediaan spketrum dan aplikasi hadir bersamaan,” tambah Ivan.

BACA JUGA :  Cara Membuat Rolade Ayam Klasik Spesial yang Simple dam Lezat

Selain itu, anak perusahaan Telkom ini menerangkan bahwa teknologi 5G akan menjadi masa depan di bidang connected cloud computing, collaborative interactive education, immersive virtual reality, collaborative immerse gaming, dan always connected augmented reality. Smart city, smart utilities, smart agriculture, smart energy, fleet management, dan bike sharing adalah contoh layanan yang di-deliver mMTC.

Sementara itu, contoh layanan yang dihasilkan uRLLC di antaranya autonomous driving, connected vehicles (V2X), drone delivery, dan industrial robotic automation (industry 4.0).(Yuska/cnn)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================