Suhariyanto mencatat komoditas bawang putih sebagai penyumbang inflasi paling dominan hingga mencapai 0,08 persen. Selain itu BPS juga mencatat harga telur ayam ras juga ikut menyumbang inflasi 0,05 persen dan daging ayam hingga 0,04 persen.

“Kalau kita lihat secara mingguan sebetulnya kita lihat harga bawang putih sudah mulai menurun. Minggu  kedua dan ketiga (memang) naik, tapi kemudian ada intervensi. Tapi karena yang dibicarakan adalah rata-rata bulan Mei bisa saja dia jadi lebih tinggi dari harga rata-rata bulan April,” jelasnya.
Sementara itu, kebijakan reformasi subsidi untuk tarif listrik 900 Volt Ampere (VA) yang masih berlanjut juta turut berdampak pada inflasi Mei dan diperkirakan masih akan berlanjut hingga Juni mendatang.

BACA JUGA :  Minuman Segar dengan Es Madu Lemon Blewah yang Enak Dinikmati saat Cuaca Panas

Disisi lain, BPS mencatat gula pasir putih menjadi penyumbang utama  deflasi pada bulan Mei. Deflasi ini terjadi akibat kebijakan Kementerian Perdagangan yang menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk tiga komoditas, termasuk gula pasir.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Pepes Tahu Kemangi yang Simple dan Sederhana
Adapun dari 82 kota yang dipantau oleh BPS, terdapat 70 kota yang mengalami inflasi dan ada 12 kota yang mengalami deflasi. Kota Tual tercatat mengalami inflasi tertinggi yakni sebesar 0,98 persen dan kota Sampit serta Bulukumba mengalami inflasi terendah yakni sebesar 0,02 persen
Sementara itu, deflasi tertinggi terjadi di Manado sebesar 1,13 persen dan deflasi terendah terjadi di Pematang Siantar sebesar 0,01 persen.(Yuska Apitya)
Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================