BOGOR TODAY- Saat ini banyak ruang-ruang publik yang menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Memang di tengah kemajuan saat ini penggunaan bahasa asing tidak bisa dihindari, apalagi sebagai bangsa yang berdaulat memiliki ciri khas negaranya.

Oleh karena itu, semua pihak harus bersama-sama mencoba kembali bagaimana mempertahankan negara ini agar bermartabat. Terutama di ruang-ruang publik seperti lokasi wisata, hotel, dan restoran.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Muchammad Abdul Khak saat pembukaan sosialisasi pemartabatan bahasa negara di Ruang Publik Kota Bogor yang diselenggarakan di Hotel New Mirah, jalan Pangrango, Kota Bogor, Kamis (03/08/2017).

BACA JUGA :  Menu Lauk Tanggal Tua dengan Tumis Oncom Kemangi yang Pedas dan Sedap Dijamin Bikin Nagih

“Ruang-ruang publik ini sangat tergantung pada kepala daerah sebagai pemilik ruang-ruang publik itu. Tentunya para pemilik hotel, restoran dan lainnya untuk sama-sama menertibkan dan memartabatkan kembali bahasa negara,” papar Muchammad.

Sebab, pihaknya khawatir jika nantinya bahasa Indonesia akan “hilang.” Ini dalam arti bahwa ruang-ruang publik yang ada sudah tidak lagi menggambarkan jika sedang berada di Indonesia. Meski memang penggunaan bahasa-bahasa asing di ruang publik bukan sesuatu yang “aneh.”

BACA JUGA :  Lewat Bertasbih, Dedie Rachim Berbagi Cinta Dengan Influencer

“Karena memang ruang-ruang publik di negara manapun selain menggunakan bahasa negaranya namun tetap menggunakan bahasa asing. Silahkan saja menggunakan bahasa asing, tetapi tetap utamakan untuk menggunakan bahasa negara (Indonesia),” terang Muchammad.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bogor Bima Arya membuka kegiatan sekaligus memberikan arahan kepada para peserta yang juga turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi.(Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================