JAKARTA TODAY- Memasuki pekan kedua gangguan pada satelit Telkom 1, PT Telkom Indonesia mengklaim sudah memulihkan 7.658 anjungan tunai mandiri (ATM). Dengan demkian, sekitar 66 persen dari total ATM yang terdampak anomali satelit sudah kembali bisa digunakan.

Telkom mencatat ada 11.574 site pemancar satelit very small aperture terminal (VSAT) ATM perbankan. Angka itu mendominasi jumlah ground segment yang terhubung ke Telkom sebanyak 15.000 unit.

Total jaringan yang sudah dipilihkan oleh Telkom sudah mencapai 10.654 lokasi atau sekitar 71 persen dari 15.000 unit titik jaringan. Angka tersebut sudah termasuk pemulihan jaringan untuk mesin ATM yang terhubung dengan satelit.

BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 21 April 2024

Melihat perkembangan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yakin Telkom bisa menyelesaikan permasalahan tepat waktu.

“Insya Allah 5 hari 5.000 site dapat diselesaikan. Saya percaya teman-teman bisa selesaikan masalah pada 10 September nanti,” tukas Rudiantara di Graha Merah Putih Telkom, Jakarta, Selasa (5/9).

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 19 April 2024

Menilik tenggat perbaikan jaringan pada 10 September nanti, Telkom punya waktu lima hari lagi. Sisa titik jaringan, termasuk ATM, yang belum pulih berjumlah 4.346 titik.

Dengan kecepatan rata-rata 1.000 titik yang pulih setiap harinya, baik Rudiantara maupun Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga yakin bisa selesai tepat waktu.

Alex juga mengatakan pihaknya telah menyelesaikan proses migrasi. “Penyediaan transponder sudah 100 persen itu tanggal 30 Agustus,” ujar Alex.(Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================