NANGGUNG TODAY – Penghianatan PKI terhadap bangsa Indonesia yang telah menelan korban jiwa 7 Jendral menjadi momok bagi bangsa ini. Untuk mengingatkan masyarakat terhadap bahaya laten PKI, Muspika Kecamatan Nanggung diantaranya, Camat, Danramil, Kapolsek menggelar nonton bareng pemutaran film pengkhianatan G 30 S PKI bersama prajurit TNI AD Koramil 2125, Pemuda KNPI, Kecamatan Nanggung menggelar nonton bareng (Nobar) dengan tokoh agama, tokoh masyrakat, dan anak – anak serta masyarakat sekitar, di halaman kantor kecamatan Nanggung pada Sabtu 30 September 2017 malam.

Camat Nanggung, Muliadi mengatakan, nobar ini bukan sekedar menonton film documenter sejarah bangsa Indonesia saja, namun lebih kepada landasan ideologi pancasila. “Pemutaran kembali film Pengkhianatan G 30 S PKI ini, lebih kepada konteks ideologi pancasila dan bertujuan agar masyrakat tahu bagaimana cerita sejarah pergerakan PKI pada tahun 1965 silam itu,” tutur Muliadi.

BACA JUGA :  Berdampak Positif Bagi Masyarakat, Pemkab Bogor Dukung Rencana Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol

Muliadi menambahkan, film ini mengajarkan kepada masyarakat agar memahami dan mengtahui sejarah pada jaman dulu, sebagai warga negara Republik Indonesia bisa mengambil sisi positif dari film tersebut dan membuang sisi negatifnya agar negara kesatuan Republik Indonesia tidak ada lagi perpecahan dan pertumpahan dara sesama bangsa sendiri .

Tidak hanya itu, agar generasi muda dapat saling menjaga NKRI dimana telah diatur dalam UUD 1945 dan Pancasila yang menjadi acuan Negara Republik Indonesia. “Mari kita maknai lebih dalam lagi simbol bhineka tunggal ika yakni berbeda kultur, berbeda agama,berbeda bahasa, akan tetapi tetap satu bangsa dan satu tanah air, yakni NKRI yang kita selalu bersama – sama kita jaga dan kita cintai keutuhan nya,” tandasnya.

BACA JUGA :  Bahas Koalisi Jelang Pilkada 2024, PKB Jadi Parpol Pertama Yang Disambangi Golkar

Sementara itu, Ketua KNPI Kecamatan Nanggung Kholid mengatakan, kami dari Pemuda KNPI sangat mengapresiasi bisa menjadi bagian dalam acara ini, dan ini sangat menjadi momentum penting dalam sejarah kelam bangsa dalam rangka memperingati pengkhianatan G30S/PKI dan pemutaran film ini sangat menjadi edukasi untuk para pemuda dan masyarakat di Kecamatan Nanggung.

Dan tentu ini akan menjadi edukasi sejarah bangsa bagi generasi pemuda dan masyarakat, kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan TNI jajaran Koramil Nanggung dan Muspika. “Kami Pemuda KNPI akan terus mengawal kegiatan yang dilakukan oleh Muspika dan trus akan bersinergi, baik itu dalam Pembangunan moral, insfratruktur dan pembangunan lainnya demi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat diwilayah Kecamatan Nanggung,” tegas Kholid. (Albi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================