BOGOR TODAY – Gerakan Tanam Pohon (GTP) yang berdiri pada 15 November 2015 lalu, merupakan komunitas peduli lingkungan yang berkiprah dalam penanaman pohon serta kegiatan sosial untuk mendukung Kota Bogor menjadi kota taman, sejuk, indah, ramah lingkungan dan tentunya tempat yang nyaman untuk segenap lapisan masyarakat.

“Selain melakukan penanaman di ruang terbuka hijau (RTH), GTP juga melakukan kegiatan lain seperti edukasi lingkungan, mendongeng serta donasi buku bacaan, bakti sosial, juga donor darah,” ujar Irma R Priyadi anggota GTP.

Penanaman pertama kali dilakukan di TK kemuning Cilendek Timur, bersama ibu Nurhiyat Qoriah dihadiri oleh inisiator penanaman Heri Cahyono, Suparno Bayunto, Hari Priyadi, Zahrul Mutaqin, Alfian Muzani, Tato Manto, Indra dan Sofyan. “Termasuk saya juga hadir. Masing -masing mewakili angkatan 28 Alumni Fakultas Kehutanan IPB, Bogor Today dan RAPI kota Bogor,” imbuh Irma.

Beberapa prestasi GTP yang sudah didapat hingga saat ini yaitu penghargaan dari Ketua Amb15si solidaritas IPB 1978 dalam kegiatan penanaman pohon di Desa Ciapus, 3 April 2016. Penghargaan sebagai penggerak lingkungan dalam rangka Gerakan Lingkungan provinsi Jawa Barat pada tanggal 5 November 2016. Penghargaan Walikota sebagai Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup dalam HJB ke-535 pada 3 Juni 2017. Penghargaan dari Ketua DPRD kota Bogor kepada Hari Priyadi sebagai Ketua komunitas atas jasanya dalam menggerakkan penanaman pohon di Kota Bogor secara rutin sebanyak 142 kali yang dilakukan setiap Minggu pada rapat paripurna tanggal 3 Juni 2017.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia 6 Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

“GTP juga meraih juara ke-2 Lomba Cerdas Cermat Lintas Komunitas se-Kota Bogor pada tanggal 9-10 September 2017. Puncak prestasi berupa penghargaan sebagai apresiasi Pemerintah Kerajaan Belanda yang disampaikan melalui Duta Besar Belanda H.E. Rob Swartbol tepat di Hari Menanam Pohon Indonesia tanggal 28 November 2017 atas kontribusi dan keberlangsungan dalam memelihara lingkungan sejak 2015,” paparnya.

Puncak perayaan HUT GTP bertemakan Festival Rakyat Hijau diadakan pada Hari Minggu, 3 Desember 2017 bertempat di Istana Ballroom Hotel Salak The Heritage, Kota Bogor. Acara syukuran ini dihadiri oleh  Walikota Bogor, Dr. Bima Arya dan jajarannya. Juga hadir Pimpinan DPRD Kota Bogor, Untung Maryono, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor terdiri dari Heri Cahyono, Sopian dan Jajat Sudrajat, Wakil dari Pengurus Himpunan Alumni Fahutan IPB  Ir. Dharma Satyawan, juga beberapa Komunitas seperti Pena Hati, BWC, RAPI, Kosgoro, dll. Perusahaan sponsor, Mahasiswa Fahutan IPB, Para Lurah dan Camat dari Kota Bogor ikut merayakan kemeriahan yang bertemakan lingkungan.

 

Sementara itu, Walikota Bogor, Bima Arya mengapresiasi kiprah GTP selama ini yang secara umum kegiatan menanam ini untuk menambah ruang terbuka hijau dan mendukung Kota Bogor untuk menjadi green city, sebagai upaya mengurangi emisi karbon yg dihasilkan dari asap kendaraan bermotor yg semakin menyesaki Kota Bogor. “ GTP telah berhasil membawa lapisan masyarakat, swasta, akademisi, partai politik, media dan komunitas untuk bersama melakukan kegiatan positif di Kota Bogor,” kata Bima Arya.

BACA JUGA :  Kecelakaan di Pangleseran Sukabumi, Truk Angkut Kayu Gelondongan Terguling

Ketua GTP, Hari Priyadi menjelaskan, penanaman telah dilakukan di 160 tempat di enam Kecamatan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.  Kegiatan GTP telah melakukan penanaman sebanyak lebih dari 4500 pohon dan telah melibatkan dan mengedukasi lebih dari 10.000 orang dari berbagai lapisan, baik di lingkungan perumahan, instansi pemerintahan, sekolah-sekolah dan di areal lahan kritis. Jenis-jenis yang sudah ditanam:bisbul, kemang, sawo mekah, mangga, menteng, pala, manggis, jeruk purut, jeruk limo, kelapa hijau, jambu jamaika dan beberapa jenis pohon pelindung seperti kenari, tanjung, mahoni, kemayau, sempur, kayu afrika, glodogan dan lain-lain.

 

Mewakili Rektor IPB, Dr. Ujang Suwarna menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan GTP dan berjanji ikut melibatkan mahasiswa dari Fahutan IPB dalam kegiatan GTP.

============================================================
============================================================
============================================================