BOGOR TODAY – Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) melantik Rektor dan Wakil Rektor periode 2018 – 2022 pada 19 di Aula Gedung C UNIDA. Acara pelantikan tersebut dihadiri seluruh insan UNIDA yang terdiri dari senat UNIDA, dosen, karyawan, mahasiswa dan tamu undangan (sipil, militer dan pemerintahan).

Kegiatan ini merupakan puncak acar dari agenda yang telah di jadwalkan 2 bulan sebelumnya yang di mulai dari pengajuan nama-nama terpilih dari masing-masing Fakultas yang di tujukan sebagai bakal Calon Rektor dan di lanjutkan ke tahapan verifikasi berkenaan dengan kelengkapan berkas, serta  fit and proper test.

Setelah melalui rangkaian tersebut terpilihlah 4 Calon Rektor yang  maju  kedalam tahapan lanjutan, ke-4 calon Rektor tersebut diantaranya  adalah Dr. Ir Dede Kardaya, M.Si berasal dari Fakultas Pertanian sekaligus aktif  menjabat sebagai Rektor UNIDA, kandidat kedua yaitu Dr. Irwan CH, SE., M.Si dari Fakultas Ekonomi, kandidat ketiga yaitu Dr. Ir. Setyono, M.Si dari Fakultas Pertanian dan Kandidat keempat yaitu Dr. Rita Rahmawati, M.Si dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi.

Tahapan lanjutan agenda bagi ke-4 calon rektor terpilih yaitu melewati beberapa kegiatan  diantaranya melakukan dialog terbuka yang di hadiri oleh Keluarga Besar UNIDA yang terdiri dari Mahasiswa, Dosen dan Karyawan. Dalam dialog terbuka tersebut ke-4 calon rektor memaparkan program kerja, Visi dan Misi serta menjawab pertanyaan yang berasal dari audiens dalam kesempatan sesi tanya jawab.

Rangkaian pemilihan Rektor UNIDA periode 2018 – 2022 ditutup dengan penentuan voting  jumlah  perolehan suara dari hasil rapat Senat UNIDA dengan menghasilkan selisih suara yang cukup jauh yang di peroleh oleh Rektor UNIDA Terpilih periode 2018 – 2022 yaitu Dr. Ir Dede Kardaya, M.Si berasal dari Fakultas Pertanian sekaligus aktif  menjabat sebagai Rektor UNIDA.

BACA JUGA :  Hardiknas 2024, Great Edunesia Soroti Perubahan Pendidikan di Indonesia

Selain agenda pemilihan Rektor terpilih, dilakukan pula pengusulan nama-nama kandidat terpilih untuk mengisi kursi wakil rektor, terdapat 3 bidang kursi rektor untuk di iisi pada masa bakti periode 2018 – 2022, hasil usulan nama-nama dari kandidat wakil rektor tersebut diantaraya adalah Dr. Elis Dihansih, M.Si, Dr. Rita Rahmawati, M.Si, Nurwati, SH., MH, Ust. Awaludin, M.Pd.I, dan Dr. Irwan CH, SE., M.Si. pemilihan calon wakil rektor tersebut dipilih dengan sistem voting melalui rapat Senat ke-2 dengan agenda pemilihan wakil rektor serta pemilihan ketua senat UNIDA 2018 – 2022, dari hasil voting  melalui rapat senat terpilihlah 3 nama untuk mengisi kursi wakil rektor, dengan formasi wakil rektor 1 yang menaungi bidang Akademik disi oleh Dr. Elis Dihansih, M.Si, wakil rektor 2 yang menaungi bidang Kepegawaian, IT dan Keuangan diisi oleh Dr. Irwan CH, SE., M.Si dan wakil rektor 3 yang menaungi bidang kerjasama, kemahasiswaan, pengembangan usaha, promosi dan humas diisi oleh Dr. Rita Rahmawati, M.Si serta Dr. Nandang Saefudin Zenju, M.Si yang terpilih sebagai  ketua Senat UNIDA UNIDA 2018 – 2022.

Besar harapan terpilihnya Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si sebagai Rektor UNIDA, dapat melanjutkan program kerja yang telah saya letakkan pengembangan visi UNIDA 2020 yaitu masuknya UNIDA ke Global University sama seperti pngembangan visi sekarang yaitu menjadi Universitas Riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia khususnya berkenaan dengan karya tulis yang terindeks dan  terakreditasi serta dapat di kembangkan serta di amalkan dalam bidang keilmuan.

BACA JUGA :  Hardiknas 2024, Great Edunesia Soroti Perubahan Pendidikan di Indonesia

Dede Kardaya berhasil membangkitkan semangat riset setiap dosen dan terbukti setiap dosen sekarang sudah melakukan riset yang dibiayai oleh pemerintah dan luarannya dapat bermanfaat seperti apa yang diharapkan oleh dikti serta di rasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain pengembangan riset, juga harus dapat mengembangkan bidang lain seperti pengabdian masyarakat, menunjang modernisasi pembelajaran, mengembangkan jurnal, serta dibangunnya central Hak kekayaan Intelektual sebagai hak paten asli produk UNIDA yang dapat diamalkan.

“Dede merupakan sosok pekerja keras, pekerja cerdas dan pekerja ikhlas yang selama ini beliau tidak berambisi namun beliau dipilih oleh rekan-rekannya, dan mudah-mudahan dengan terpilihnya beliau dapat memajukan dan membawa UNIDA lebih maju lagi,” tutur Dr. H. Martin Roestamy, SH.,MH Selaku Ketua Pembina Yayasan PSPIAI dalam wawancaranya.

Dikesempatan lain, Faisal Tri Ramdani selaku Humas UNIDA menyampaikan, dengan terpilihnya pemimpin baru di kampus tercinta kami kampus bertauhid Universitas Djuanda Bogor. “Semoga bisa membawa angin segar untuk kemajuan serta mengharumkan nama UNIDA di kancah  Nasional Serta Internasional, seperti potongan lirik lagu hymne UNIDA yang selalu kami nyanyikan bersama dalam setiap event yaitu menuntut ilmu didalam ibadah mengemban amanah menjadi khalifah, semoga bapak dan ibu bisa mengemban amanah dan menjalankan tugasnya dengan baik serta menjadi sosok panutan untuk kami keluarga besar UNIDA. Saya perwakilan dari young warrior UNIDA mengucapkan selamat atas terpilihnya Rektor, Wakil Rektor serta Ketua UNIDA terpilih periode UNIDA 2018 – 2022, Semoga UNIDA semakin Jaya dan Mendunia,” pungkasnya. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================