JAKARTA TODAY – Bupati Bogor, Nurhayanti menghadiri Rapat Kerja Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cianjur (Jabodetabekjur) Tahun 2018 diselenggarakan di Balaikota Jakarta, pada Selasa (3/4/2018).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, selaku Ketua BKSP Jabodetabekjur, membuka dan memimpin rapat kerja yang membahas sejumlah program kerja strategis bersama Kepala Daerah masing-masing wilayah.

“BKSP Jabodetabekjur telah melakukan kajian dan pencarian solusi program pembangunan yang menjadi prioritas, utama karena menyangkut  kepentingan bersama. Berdasarkan permasalahan mendasar dari 9 Kabupaten dan Kota anggota BKSP Jabodetabekjur, telah dibahas beberapa permasalahan mendasar yang dihadapi bersama, yaitu Banjir, Kemacetan, Penyediaan Air Bersih, Persampahan dan Ketahanan Pangan,” ujar Gubernur Anies.

BACA JUGA :  Pemuda di Cianjur Lapor Polisi usai Tahu Wanita yang Dinikahinya Ternyata Laki-Laki

Sejumlah solusi atas permasalahan atau kebutuhan mendasar yang dihadapi tiap wilayah akan dibahas lebih dalam pada rapat kerja ini, di antaranya normalisasi daerah aliran sungai untuk menangani banjir, peningkatan jalan lintas batas untuk menangani kemacetan, pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) untuk menangani sampah, pembangunan waduk untuk penyediaan air bersih, tiket terusan yang terpadu untuk pembenahan transportasi, dan pembangunan sistem distribusi pangan untuk ketahanan pangan.

Rapat kerja ini sekaligus untuk menyusun penguatan dan peran kelembagaan BKSP Jabodetabekjur. Sekretariat BKSP Jabodetabekjur sebagai motor penggerak memegang peranan penting dalam mewujudkan komunikasi efektif antar Pemerintah Daerah. Selain itu, jabatan Sekretaris BKSP Jabodetabekjur adalah jabatan yang sangat strategis di dalam lembaga, untuk itu diperlukan suatu sinergi sehingga tujuan pokok dan fungsi BKSP Jabodetabekjur dapat terwujud.

BACA JUGA :  Jelang Purna Tugas, Sekda Burhanudin Titip Pesan Agar ASN Selalu Kerja Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

Sementara itu, Bupati Bogor sangat mengapresiasi pertemuan BKSP wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Kabupaten Bogor fokus pada penanganan banjir, karena penanganan banjir mulai dari hulu dan hilir, upstream nya di Kabupaten Bogor, middlestream nya di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor serta downstream nya ada di DKI Jakarta.

============================================================
============================================================
============================================================