Ledakan bintang Supernova di alam semesta yang jauh dari bumi tidak berdampak banyak pada bumi. Hanya pergeseran iklim dan musim yang terjadi di bumi. Apabila ledakan tersebut berada pada sistem tata surya, maka roda perputarannya tidak dapat dipastikan kelanjutannya.

“Tergantung pada jarak ke Supernova, sebagian atau bahkan sepenuhnya, semua makhluk hidup di Bumi akan musnah,” ungkap profesor UPNN MIPT.

Untungnya, peristiwa semacam ini terjadi amat jarang. Bintang Supernova yang terletak pada jarak ratusan parsek dari bumi meledak sekali dalam jutaan tahun. Ledakan Supernova yang terletak pada jarak sepuluh parsek bisa benar-benar berbahaya untuk makhluk hidup, tapi terjadi sekali dalam beberapa miliar tahun.

BACA JUGA :  Sarapan Sehat dan Bergizi dengan Tumis Udang Sayuran yang Simple dan Lezat

Setiap bintang yang meledak, tidak selalu menjadi Supernova. Ledakan bintang Supernova biasanya berukuran minimal 10 kali lebih besar dari matahari.

Sebelumnya Dmitry Semikoz bersama dengan rekan dari Amerika dan Eropa mem­perlihatkan bahwa “penembakan” bumi dengan sinar kosmik akibat leda­kan­ bintang Su­pernova dari jarak 300-600 tahun cahaya pada 3,2 dan 8,7 juta tahun yang lalu, dapat menggeserkan “jam biologis” hewan dan mempercepat evolusi biologis di planet kita karena peningkatan drastis mu­tasi yang diakibatkan peningkatan tingkat radiasi. Radiasi yang ditimbulkan oleh ledakan bintang Supernova akan berpengaruh pada lapisan ozon di atmosfer. Lapisan tersebut akan semakin menipis seiring perjalanan waktu.

BACA JUGA :  Soal PPDB 2024, DPRD Kota Bogor Minta Disdik Persiapkan Dengan Baik

Ketika partikel pertama dari Supernova membentur bumi, maka diperkirakan sekitar 300 tahun lagi bumi tidak akan memiliki lapisan ozon. Dengan kata lain, radiasi sinar ultraviolet akan masuk ke bumi secara langsung tanpa disaring lapisan ozon.

Makhluk hidup di bumi yang terkena pancaran sinar ultraviolet akan mengalami kerusakan pada DNA. Kerusakan DNA secara perlahan-lahan dapat membunuh spesies tertentu yang ada di bumi dan punahnya makhluk hidup pada umumnya. (Net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================