Program SC menuju Zero Waste 2020 ini bertujuan untuk mengajak seluruh warga SC dan tenant komersial yang ada di SC, untuk berkontribusi melakukan pengurangan dan penanganan sampah langsung dari sumber sampah, memilah sampah dan membuang secara terpilah. “Sedangkan pengelolaan selanjutnya menjadi tanggung jawab kawasan,” paparnya.

Program SC menuju Zero Waste 2020 ini kata Alfian, selain mengajak warga dan tenant juga bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan Babakanmadang yang dipimpin Camat Yudi Santosa dan sembilan desa se Kecamatan Babakanmadang untuk berpartisipasi mendukung dan berperan serta dalam program Indonesia Bebas Sampah 2025.

Keuntungan yang ditawarkan kepada desa sekitar dari program ini adalah nara sumber/trainer sistem kelola sampah skala desa, jaminan pasar untuk bank sampah desa, keterlibatan dalam  sirkular ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di TPS3R (pemulung, tenaga pengangkut, tenaga pengolah).

BACA JUGA :  Gegara Balapan Motor, Siswa SMP di Makassar Dikeroyok 5 Pria Terekam CCTV

“Saat ini kunjungan kepada empat kepala desa bersama tim pendamping desa dari kecamatan Babakan madang telah dilakukan untuk melakukan pemetaan masalah dan merumuskan solusi untuk desa,” ujarnya.

Impian dari program ini, kata Alfian seluruh warga dan tenant di Sentul City, yang saat ini mencapai kurang lebih 6000-an rumah, beserta seluruh penduduk 9 desa sekitar di kecamatan Babakan Madang dapat melakukan pemilahan sampah langsung dari sumber. Jika ini dapat dilakanakan, Kecamatan Babakanmadang secara langsung dan nyata merealisasikan program Nasional Menuju Indonesia Bebas Sampah 2025 melalui upaya pengurangan dan penanganan.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

“Kami harapkan ini menjadi trigger bagi kawasan lain di Kabupaten Bogor khususnya, bahkan meluas secara nasional untuk ikut peduli, patuh dan berkontribusi dalam permasalahan sampah dan memberi manfaat lingkungan yang lebih baik bagi anak cucu generasi penerus kita semua,” paparnya.

Ia menambahkan, program ini memang tidak mudah untuk dilaksanakan. Memerlukan komitmen dan kontribusi dari semua pemangku kepentingan, DLH kabupaten Bogor, PT. SC, warga dan tenant SC, muspika Kecamatan Babakanmadang dan warga 9 desa sekitar. “Fokus pada impian kami adalah untuk mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2025,” pungkasnya. (Iman R Hakim)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================