Bupati juga meminta Desa lainnya yang tidak memiliki objek wisata membentuk BumDes lainnya asalkan itu memberikan keuntungan kepada masyarakat Desa dan bukannya kerugian seperti merusak alam maupun lingkungan dan meminta DPMD tidak hanya mengurus pencairan dana Desa atau alokasi dana Desa tetapi juga harus membantu pemerintah Desa memaksimalkan potensinya.

“DPMD harus membantu pemerintah desa memaksimalkan potensinya seperti pasar Desa seperti di Bojonggede dan Gunung Putri yang menjadi percontohan di tingkat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Agar BumDes maju saya juga  menyarankan agar BumDes dipimpin oleh orang yang profesional dan bukannya karena dekat dengan kepala Desa atau Camat,” lanjutnya

BACA JUGA :  Kota Bogor Raih 2 Penghargaan Lomba Video Penanggulangan TBC dari Kemenkes

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Bogor Deni Ardiyana menuturkan untuk memaksimalkan potensi desa dan BumDes, dalam waktu dekat jajarannya akan menyusun dokumen strategi percepatan perkembangan BumDes.

“Sesuai arahan Bupati , kami akan membentuk tim yang terdiri dari akademisi, tenaga ahli dan praktisi untuk menyusun dokumen strategi peecepatan perkembangan BumDes. Tim bersama Forum BumDes dan 24 lembaga lainnya akan membantu pemerintah desa usaha apa yang cocok didesa bersangkutan agar BumDes desa tersebut masuk kategori maju,” tutur Deni. (Firdaus)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================