BOGOR TODAY – SMK Taruna Terpadu 2 (The Borcess 2) salah satu sekolah swasta di Kota Bogor yang memberikan pembelajaran langsung kepada peserta didiknya dalam mempraktikkan kaifiat zakat fitrah dengan menghimpun zakat fitrah dari peserta didik yang kemudian disalurkan kembali kepada para mustahiq pada waktu yang sudah ditentukan.

Dibawah koordinator, Ustadz Saiful Bahri bekerjasama dengan guru PAI (Pendidikan Agama Islam), peserta didik dibimbing langsung bagaimana mereka belajar mendatangi panitia zakat atau amil.

“Siswa siswi diajarkan bagaimana membaca ijab qobul zakat fitrah,” ujar Ustadz Saiful Bahri atau yang akrab disapa Abi Saiful, Senin (20/5/2019).

BACA JUGA :  APA ITU PATOLOGI ANATOMIK (PA)

Dengan beberapa tahapan ini semua peserta didik merasakan bagaimana praktik zakat fitrah dilaksanakan, sebab selama ini banyak diantara peserta didik dalam kehidupan sehar-hari selalu mewakilkan orang tua untuk pergi kepanitia zakat.

“Semoga kegiatan yang sederhana ini membekas dalam kehidupan mereka sehingga peserta didik merasakan khidmatnya bulan suci ramadhan sebagai bulan pensucian diri,” tambah ustadz yang ramah ini.

BACA JUGA :  Hari Kesiapsiagaan Bencana Momentum Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Agar Siaga

Sementara itu, Heru B Setyawan Pemerhati Pendidikan Kota Bogor mengatakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh The Borcess 2 dengan praktik zakat  itu dinamakan learning by doing (belajar dan melakukannya).

Dalam realitasnya, lanjut Heru, langkah ini sering menunjukkan hasil lebih baik daripada pembelajaran berbasis text book. Mengapa? Pembelajaran berbasis text book, materinya sulit dicerna.

“Sedangkan proses pembelajaran melalui learning by doing, peserta didik berhadapan langsung dengan obyek dan merasakan apa yang sedang dipelajarinya,” tutur Heru. (Iman R Hakim)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================