CIBINONG TODAY – Sampah – sampah rumah tangga, biasanya dibuang begitu saja. Namun tidak untuk para ibu-ibu di Perumahan Bogor Asri. Mereka membentuk sebuah organisasi yang bernama Bank Sampah setiap hari sabtu dikumpulkan.

Namun tidak semua sampah dapat ditimbang atau dihitung, sampah yang dapat di timbang hanya sejenis pecahan kaca, plastik ember, botol/gelas plastik, dan kardus. Setelah ditimbang, para nasabah akan mendapat uang dan ditabung. Karena itulah disebut Bank Sampah Sumber Rezeki.

Baca Juga :  Resep Membuat Cake Panggang Rice Cooker

Dengan beranggotakan 12 orang dan 80 nasabah yang tersebar di hampir semua RT di Perumahan Bogor Asri. Organisasi berdiri pada tanggal 25 Februari 2014. Dan langsung diresmikan oleh Pemerintah Kelurahan setempat.

“Setiap Sabtu ibu-ibu disini akan kumpul di Balai RT, dan menimbang semua sampah benda di rumah masing-masing,” ucap Ai Khoiriah (37), pemimpin organisasi Bank Sampah Sumber Rezeki.

Baca Juga :  MEWUJUDKAN KAMPUNG TERTIB TRANTIBUM

Sementara itu, salah satu anggota Bank Sampah Sumber Rezeki  Yanti mengatakan, sampah yang telah ditimbang nantinya akan dikirim ke tempat daur ulang sampah. Dan biasanya gelas plastik dan botol plastik nantinya akan dikreasikan oleh ibu-ibu disana.

“Sudah banyak hasil kerajinan yang dibuat dari tangan ibu-ibu disini. Biasanya hasil kerajinan akan dijual dan uang yang didapat untuk keperluan organisasik,” singkatnya. (Fadya/PKL)