• Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), yang mengurangi pasokan oksigen ke darah karena terblokirnya jalan napas akibat peradangan (bronkitis) dan rusaknya kantung udara (emfisema).
  • Pneumonia

Merokok juga dapat memperburuk atau memperpanjang gejala kondisi pernapasan seperti asma, atau infeksi saluran pernapasan seperti flu biasa.

Pada pria, merokok dapat menyebabkan impotensi karena menghambat pasokan dan aliran darah ke penis. Hal ini juga dapat mengurangi kesuburan pria dan wanita.

RISIKO KESEHATAN BAGI PEROKOK PASIF

Bahaya merokok tidak hanya berdampak pada perokok itu sendiri. Namun, asap rokok yang dihirup orang lain juga dapat membahayakan kesehatannya. Orang yang ikut menghirup asap rokok (tapi tidak merokok) disebut perokok pasif. Bahkan, perokok pasif juga dapat meningkatkan risiko mendapatkan kondisi kesehatan yang sama dengan perokok aktif.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 26 April 2024

Bayi dan anak-anak sangat rentan terhadap efek asap rokok dari orang lain. Seorang anak yang terpapar asap berisiko lebih tinggi mengalami meningitis dan batuk terus-menerus. Juga, jika anak-anak memiliki asma, gejalanya akan bertambah parah.

Selain itu, bayi atau anak-anak yang menghirup asap rokok juga memiliki risiko meninggal mendadak dan mengalami infeksi telinga.

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

BAHAYA MEROKOK UNTUK IBU HAMIL

Bahaya merokok untuk ibu hamil tidak hanya terjadi pada dirinya sendiri, tapi juga pada janin dalam kandungannya. Merokok selama kehamilan dapat meningkatkan komplikasi seperti:

  • keguguran
  • kelahiran prematur
  • bayi lahir berat badan rendah
  • bayi lahir mati

Walaupun sudah banyak bukti penyakit yang timbul di tubuh seorang perokok. Akan tetapi, masih saja banyak orang yang tetap merokok, padahal itu akan merusak tubuh seseorang itu sendiri. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================