BOGOR TODAY- Menjalankan program diet bukan hanya menjaga pola makan dan olahraga secara rutin saja, tetapi setelah selesai makan pun harus teratur agar pencernaan lancar dan lemak tidak mengendap dalam tubuh.

Apalagi untuk anda yang menyukai makan makanan yang berat, jika setelah selesai makan tidak teratur ini akan menyebabkan penyakit untuk anda

Berikut dibawah ini adalah hal yang harus dilakukan anda setelah selesai makan, seperti dilansir detik dari boldsky :

  1. Istirahat sebentar

Setelah makan berat, Anda harus beristirahat sebentar sebelum melanjutkan aktivitas lainnya. Hal ini membantu fungsi sistem pencernaan agar bekerja dengan tepat.

BACA JUGA :  Lauk Sarapan Simple dengan Omelet Ayam dan Sayuran untuk Anak

Anda harus menyadari perasaan lelah setelah makan berat. Saat makan berat, otak mengalihkan energi ke pencernaan. Sel darah merah dikirim dari otak untuk menghancurkan partikel makan dan menyerap nutrisinya. Inilah sebabnya, disarankan untuk duduk beberapa menit, tapi jangan sampai tertidur. Istirahat maksimum 15-20 menit untuk menghindari timbunan lemak.

  1. Berjalan

Bila Anda makan lebih banyak dari yang dibutuhkan, tubuh akan menemukan kesulitan untuk berdiri. Bunuh kemalasan dengan berjalan-jalan setelah Anda beristirahat selama beberapa menit.

BACA JUGA :  Semangka Bagus untuk Diet, Benarkah? Simak Ini

Jangan jalan berlebihan atau terlibat dalam aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan dan energi lebih. Hal ini karena sebagian besar energi tubuh sedang digunakan untuk menghancurkan makanan, sehingga Anda tidak akan memiliki cukup kekuatan untuk menjalankan kegiatan yang lain. Jalan-jalan ringan membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan dan membuat Anda merasa ringan.

============================================================
============================================================
============================================================