KOTAWARINGIN BARAT TODAY – Sebanyak 16 orang dari tim satgas Karhutla di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng terpapar zat monoksida dalam paru-parunya. Kadar zat monoksida yang masuk dalam paru-paru mereka mencapai kadar angka 9 mendekati 10. Dimana jumlah angka tersebut sudah melebihi batas (berbahaya).

Hal ini diketahui setelah 36 orang anggota BPBD Kobar melakukan pemeriksaan di Dinas Kesehatan Kobar pada, Senin (16/9/2019). Saat ini ke-16 anggota BPBD Kobar tersebut harus istirahat total.

BACA JUGA :  Menu Lauk Tanggal Tua dengan Tumis Oncom Kemangi yang Pedas dan Sedap Dijamin Bikin Nagih

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular, Dinkes Kobar Ahmad Sulkan menuturkan, Tim Satgas Karhutla Kobar telah mengajukan pemeriksaan atas kandungan monoksida dalam paru-paru.

“Hasilnya, dari 36 anggota BPBD Kobar, ada 16 orang yang sudah melebihi batas normal dan 4 orang yang dalam kategori waspada,” ujar Sulkan, Selasa (17/9/2019).

BACA JUGA :  Tuban Jatim Diguncang Gempa Magnitudo 3,7

Sulkan menerangkan, untuk tingkatan kandungan monoksida dalam tubuh nilai 1 sampai 6 masuk dalam kategori normal, 7 sampai 9 masuk dalam kategori waspada dan nilai 10 sudah melebihi batas atau berbahaya.

“Kami sarankan untuk beristirahat, mengkonsumsi asupan bergizi selama 2 minggu, untuk yang belum dilakukan pemeriksaan disarankan bisa mendatangi Puskesmas terdekat dan membuat jadwal, karena kita juga keterbatasan alat smoke analyzer,” ungkapnya.

============================================================
============================================================
============================================================