Karanganyar TodayPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah kubur ke makam Presiden ke-2 RI Soeharto. Ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-74 TNI.

Mengenakan seragam TNI AU, Panglima tiba di Astana Giri Bangun, Matesih, Karanganyar, pada Kamis (19/9/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Rombongan kemudian transit ke Wisma Lerem selama 30 menit.

Tampak para pejabat TNI ikut dalam rombongan, antara lain KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, sedangkan KSAD Jenderal Andika Perkasa diwakilkan Aster KSAD Mayjen Bakti Agus Fadjari.

Kemudian Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut, KA Siliwangi Tabrak Motor di Sukabumi, Pasutri Tewas

Beberapa pejabat pemerintah juga tampak hadir, antara lain Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo.

Rombongan kemudian melaksanakan prosesi tabur bunga dan doa bersama di dalam Cungkup Argosari, tempat jenazah Jenderal Besar Soeharto bersemayam. Prosesi berlangsung selama sekitar 20 menit.

Usai berziarah, Panglima dan sejumlah perwira tinggi kembali transit di sebelah utara cungkup. Pukul 10.15 WIB, rombongan meninggalkan lokasi. Panglima enggan diwawancarai wartawan.

Kepala Pelaksana Astana Giri Bangun, Sukirno, mengatakan jajaran TNI memang setiap tahun melakukan ziarah ke makam Soeharto.

“Setiap menyambut HUT TNI, Panglima TNI pasti selalu berziarah ke sini,” katanya.

Prosesi ziarah, kata Sukirno, dipimpin oleh pihak Kementerian Agama. Beberapa kegiatan yang dilakukan di makam Soeharto adalah tabur bunga dan doa bersama.

BACA JUGA :  Bula Seram Bagian Timur Maluku Diguncang Gempa Terkini M5,8

“Intinya tabur bunga ke dua makam, Jenderal Besar Soeharto dan Ibu Tien Soeharto. Juga mendoakan almarhum agar amal ibadahnya diterima Tuhan,” tutupnya.

Dikutip dari Detik.com, sementara itu, Kepala Penerangan Korem 074/Warastratama, Mayor Inf Mantang, mengatakan rombongan setelah ini akan menuju Yogyakarta. Mereka akan melanjutkan ziarah ke makam Jenderal Besar Soedirman di TMPN Kusumanegara.

“Setelah ini ziarah ke Yogyakarta. Panglima rencananya kembali ke Solo karena besok akan ada pemberian gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) kepada Panglima,” ujar dia. (Net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================