Meski penelitian tentang manggis dan obesitas terbatas, tapi para ahli berteori bahwa efek antiinflamasi pada buah berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Ilustrasi. Para ahli percaya bahwa sifat antiinflamasi yang dimiliki manggis berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. (Istockphoto/Urilux)
  1. Mengontrol gula darah
    Penelitian menemukan bahwa senyawa Xanthone pada manggis dapat membantu menjaga kadar gula darah. Hal ini salah satunya ditemukan dalam sebuah studi selama 26 minggu pada perempuan dengan kelebihan berat badan.

    Penelitian menemukan, mereka yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis tambahan setiap hari mengalami pengurangan resistensi insulin sebagai faktor risiko diabetes.

    Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik. Serat dapat membantu menstabilkan gula darah.

    6. Menjaga sistem kekebalan tubuh
    Serat dan vitamin C yang ditemukan pada manggis berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh.

    Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa sejumlah senyawa tertentu pada manggis memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga kekebalan tubuh.

  1. Menjaga kulit sehat
    Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari menjadi kontributor utama kanker kulit dan penuaan.

    Sebuah studi dilakukan pada tikus yang diobati dengan ekstrak manggis. Hasilnya, manggis dapat memberikan perlindungan pada tikus dari radiasi UVB.

    Sebuah penelitian kecil selama 3 bulan pada manusia juga menemukan, mereka yang diobati dengan 100 mg ekstrak manggis setiap hari memiliki kulit yang lebih elastis.

    Banyak orang telah meyakini beragam manfaat buah manggis. Namun, dibutuhkan penelitian lanjut untuk memberikan bukti yang lebih mendukung. (Net)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
BACA JUGA :  Penemuan Mayat Perempuan Telentang di Bantaran Sungai Cicatih Sukabumi
============================================================
============================================================
============================================================