Ada faktor cuara karena saat kejadian hujan, tetapi apabila pembangunan ini sudah diantisipasi dampaknya, tentu akan meminimalisir terjadinya peristiwa seperti ini. Setelah melihat langsung kondisi pemukiman warga terdampak, Atang menyarankan kepada pihak pengembang untuk membeli lahan lahan milik warga di lokasi, karena dikhawatirkan kedepan akan kembali terjadi longasor lagi.

“Pihak pengembang juga lebih baik membeli lahan milik warga yang terdampak, agar tidak terjadi lagi peristiwa serupa. Pemukiman ini berada di bibir tebingan yang sangat tinggi, jadi lebih baik semua warga direlokasi,” tandasnya.

Selanjutnya, Wakil Ketua DPRD Jenal Mutaqin menegaskan, Pemkot Bogor harus jeli melakukan pengawasan terhadap aktifitas pembangunan, baik pembangunan pemerintahan maupun swasta. Karena ada dampak dampak ditimbulkan dari pembangunan milik swasta ini.

BACA JUGA :  Tanggal Tua Masak yang Sederhana Dengan Tumis Sawi Putih Jagung Muda yang Lezat dab Sedap

Tentu pengawasan yang dilakukan harus selektif dan ketat, apalagi secara kasat mata, pembangunan beton pembataa milik Mall itu berada sangat dekat dengan pemukiman warga. Apakah dalam perencanaannya tidak ada kajian Amdal lingkungan dan lainnya.

“Terkait kondisi bangunan secara kasat mata dan ada kajian yang harus dibedah kembali agar tidak menimbulkan peristiwa serupa nanti. Pengawasan harus lebih ketat dan nanti DPRD akan merekomendasikan hasil investigasi terutama menyangkut isi kajian amdal lingkungan dan siteplane nya,” tegasnya.

BACA JUGA :  JJB Terbitakan Tatib Dan Reshuffle Keanggotaan 

Camat Bogor Timur, Abdul Wahid mengatakan, saat ini semua warga terdampak sudah direlokasi dan pihak pengembang menyetujui relokasi hingga selesainya perbaikan longsor. Selain 2 rumah yang rusak berat, ada juga rumah terdampak sebanyak 16 rumah.

“Semua kerugian harus ditanggung pihak pengembang dan warga sudah meninggalkan lokasi. Memang ada juga warga yang belum direlokasi, saya meminta kepada pihak pengembang untuk merelokasi semua warga terdampak,” tutupnya. (Adit)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================