Ia juga mengatakan dari gambaran proporsi masing-masing komponen pendapatan daerah tersebut, terlihat bahwa komposisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) lebih tinggi dari dana perimbangan. hal ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah  tetap berkomitmen untuk meningkatkan kemandirian dalam mendanai program pembangunan di daerah.

“Kontribusi terbesar dari komponen pendapatan asli daerah bersumber dari hasil pajak daerah yaitu sebesar Rp 1,918 triliun, disusul oleh lain-lain pad yang sah sebesar Rp 682,001 miliar dan hasil retribusi daerah sebesar Rp 184,840 miliar sedangkan kontribusi dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan adalah sebesar Rp 59 ,696 miliar,” katanya.

BACA JUGA :  Resep Membuat Spaghetti Tuna Pedas untuk Menu Makan Malam yang Praktis

Selain itu, menurut Bupati Bogor sesuai dengan amanat ketentuan Perundang-Undangan bahwa Pemerintah Daerah harus mengalokasikan anggaran bidang pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari anggaran belanja daerah, maka dapat disampaikan bahwa alokasi anggaran bidang pendidikan yang diusulkan di tahun 2020 adalah sebesar Rp 1,410 triliun atau sebesar 20,21 persen dari total belanja daerah. sedangkan alokasi anggaran bidang kesehatan yaitu sebesar Rp 1,437 trilyun, atau mencapai 20,59 persen dari total belanja daerah.

“Mencermati selisih antara kebutuhan belanja daerah dan kemampuan pendapatan daerah, terdapat defisit belanja daerah sebesar Rp 547,047 miliar. menyikapi defisit belanja daerah tersebut, telah dilakukan langkah untuk menutup defisit belanja daerah, yaitu dengan pembiayaan daerah. penerimaan pembiayaan daerah yang direncanakan di tahun anggaran 2020 yaitu sebesar Rp 547,47 miliar yang bersumber dari perkiraan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2019 sebesar Rp 547,47 miliar, sementara dari sisi pengeluaran pembiayaan daerah untuk sementara belum dialokasikan, sehingga hasil pembiayaan netto digunakan sepenuhnya untuk menutup defisit belanja daerah sesuai ketentuan perundang-undangan,” tandasnya. (Selvi/PKL/*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================