JAKARTA TODAY – Kota tua yang berada di Jakarta Barat salah satu tempat tujuan para wisatawan baik lokal maupun luar daerah untuk menghabiskan liburan atau sekedar menghabiskan waktu luang. Ada yang inin belajar tentang sejarah, ada pula yang sengaja datang untuk sekledar ingin berswafoto.

Selain untuk berfoto, di Kota Tua itupun banyak warga sekitar yang menyewakan sepeda jenis Ontel namun dicat warna-warni, untuk para pengunjung yang ingin ber sepeda santai sambil berkeliling di Kota Tua.

Nur Sarip warga Kuningan, Jakarta, salah satu penyedia jasa sewa sepeda bisa meraup keuntungan ratusan ribu perhari dihari – hari libur dari sepeda yang dia sewakan.

“Saya sewakan sepeda kepada pengunjung persetengah jamnya sebesar Rp 20.000,” ujar Nur Sarip saat diwawancara di lokasi Kota Tua Jakarta Barat, Rabu (6/11/2019).

BACA JUGA :  Bibir Hitam Gegara 5 Kebiasaan Ini, Simak Sampai Akhir!

Nur mengaku jika sepeda tersebut bukan miliknya, dia hanya bekerja untuk sekedar menyewakan sepeda tersebut.

“Sepeda itu bukan milik saya, saya hanya jaga saja. Dari uang sewa tersebut saya mendapatkan persentasi dari pemilik sepeda,” kata Nur.

Nur mengaku sudah 10 tahun menjadi penjaga sepeda sewan di Kota Tua Jakarta itu. dia mulai menyewakan sepeda sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB sore. Uang dari bekerja sebagai penjaga sewaan sepeda bisa menyekolahkan satu anaknya.

“Alhamdulillah dari usaha ini saya bisa menghidupi keluarga saya bahkan bisa menyekolahkan anak saya,” tutur pria berumur 42 tahun itu.

BACA JUGA :  BERGERAK BERSAMA, MELANJUTKAN MERDEKA BELAJAR

Sementara itu, salah seorang pengunjung Kota Tua Jakarta, Ade Tri Cipta mengaku senang bisa bermain sepeda di area Kota Tua Jakarta.

“Ini pertama kali saya menyewa sepeda ontel di area Kota Tua Jakarta. Kenapa saya mau sewa, karena sepedanya menarik, selain bentuknya yang unik juga warna-warni,” tutur Ade.

Ade mengaku terbantu dengan adanya sewaan sepeda ontel. Menurut dia, keberadaan sewaan sepeda ontel menjadi daya Tarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Tua Jakarta.

“Dengan menyewa sepeda ini, kita bisa berkeliling Kota Tua Jakarta. Selain itu, bisa berfoto juga di sepeda ontel ini,” pungkasnya. (Viana/PKL)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================