CALIFORNIA TODAY- Imigran asal Ukraina yang pindah ke California, Amerika Serikat bernama Olenka Villareal berhasil membuat taman bermain untuk disabilitas anak berkebutuhan khusus atau inklusif.

Ide untuk membuat taman bermain bagi anak disabilitas itu adalah karena sang anak, Eva. Putri bungsu Olenka itu memang berkebutuhan khusus.

Seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (15/11/2019), menurut Olenka, anaknya mengalami kesulitan ketika bermain bersama teman-temannya di taman bermain.

BACA JUGA :  Kebakaran Hebat Hanguskan 6 Rumah dan Tempat Kos di Medan

Undang-Undang Disabilitas Amerika memang memandatkan taman bermain di Amerika dapat diakses oleh anak-anak disabilitas, tetapi faktanya, sebagian taman hanya berupaya memenuhi aturan Undang-Undang ini secara minimal.

“Taman bermain yang ada memang dapat dimasuki kursi roda, tetapi penggunanya dapat terjungkal,” ujar Olenka.

Tak hanya itu, lanjut dia, kursi roda juga kerap kali tersangkut di batang kayu dan banyan perosotan anak yang terlalu curam untuk didaki tanpa bantuan. Terutama bagi penyandang disabilitas.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor Hari Ini, Selasa 7 Mei 2024

“Anak-anak berkebutuhan khusus biasanya duduk di sini, sementara anak-anak lain berlari-lari melewati mereka. Ini karena anak-anak berkebutuhan khusus tidak dapat mengangkat diri mereka sendiri tanpa bantuan,” kata Olenka. (Amanda/PKL/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================