Ismi Sabariah selaku Humas UIN juga tak kalah menariknya menyampaikan bahwa UIN punya system penerimaan jalur khusus Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

Di mana kata dia, kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Membahas Koalisi, Golkar Ajak Demokrat Bernostalgia di Pilkada 2024

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

“Kita punya jalur khusus yang bisa pilih adalah SPAN-PTKIN & UM-PTKIN, ini patut menjadi pilihan siswa yang mau masuk ke UIN,”Katanya.

BACA JUGA :  Cekcok dengan Istri, Pria di Makassar Bakar Rumah Mertua

Seperti yang dikutip dari sindonews.com, Pemateri terakhir diisi oleh Andi Satrianto Fatah yang memotivasi siswa untuk meraih beasiswa, untuk meraih beasiswa tak ada kata mustahil kalau ikhtiar dikuatkan.

“Tidak ada yang tidak bisa dicapai, kalau kita tidak capai artinya kita kurang usaha, beasiswa juga seperti itu, jadi semangatlah.”Katanya.

Diketahui, Makassar adalah kota kedua diadakannya Try Hots, dan menyusul kota-kota yang lainnya pada 24 November mendatang.(Dena/PKL/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================