JAKARTA TODAY – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengaku sempat membahas soal pemekaran provinsi di Papua bersama Pimpinan DPD RI. Ma’ruf menegaskan tidak ada pemekaran daerah kecuali di Papua.

“Kemarin memang Pak Nono Sampono (Wakil Ketua DPD RI, red) menemui saya menyampaikan keinginan DPD, tapi kita selama ini masih berpegang pada prinsip yaitu moratorium, tidak ada pemekaran, kecuali memang yang menyangkut Papua. Papua itu kan sudah lama sebenarnya, sudah ditetapkan, tapi belum realisasinya,” ucap Ma’ruf, Rabu (22/1/2020).

BACA JUGA :  Tahanan Kasus Pencurian Nekat Gantung Diri, Ditemukan Tewas di Kamar Mandi Masjid Rutan Prabumulih

Namun Ma’ruf mengatakan pemerintah masih membahas beberapa kemungkinan terkait pemekaran di Papua. Apakah akan mencabut moratorium pemekaran wilayah atau opsi lain.

“Oleh karena itu yang masih dibahas kemungkinan itu juga soal Papua, tidak berarti mengubah moratorium, tidak. Tetapi ketetapan yang lama apakah akan lebih baik nanti dimunculkan sekarang atau seperti apa, jadi masih dibahas di tingkat pemerintahan,”katanya.

BACA JUGA :  Paling Dicari Tarvel, Ini Dia 8 Makanan Khas Maluku yang Terkenal

Ma’ruf mengatakan prioritas pemekaran saat ini hanya di Papua. Menurutnya kebutuhan untuk pemekaran wilayah di Papua dinilai mendesak.

“Sampai hari ini masih Papua, nanti kalau dibuka satu nanti semua minta. Tidak semua daerah, kita lihat yang akan dipertimbangkan itu kalau memang itu mendesak dan memang terlalu, karena prioritas istilahnya, yang pasti Papua, yang lainnya belum ada pembicaraan,” pungkasnya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================