BABAKANMADANG TODAY – Presiden Joko Widodo menginstruksikan Bupati Bogor, Ade Yasin dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk segera menentukan lahan relokasi bagi warga terdampak bencana di wilayah Barat, Kabupaten Bogor.

Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah pusat melalui kementerian terkait akan langsung melakukan peninjauan jika lahan sudah ditentukan pemerintah daerah.

“Saya sampaikan agar nanti Ibu Bupati dan Pak Gubernur untuk menentukan lokasi secepatnya. Begitu Land clearing, Kementerian langsung masuk secepatnya. Kita sudah siap. Hanya tinggal penentuan lokasi saja,” tegas Presiden Jokowi, Selasa (4/2/2020).

Menanggapi itu, Bupati Ade Yasin menegaskan jika pihaknya berencana mengundang para pemilik lahan Hak Guna Usaha (HGU) di wilayah Barat Kabupaten Bogor untuk memastikan lahan relokasi

BACA JUGA :  Ternyata Daun Salam Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ini

“Minggu ini Insha Allah kita Land clearing. Lalu kita undang para pemilik lahan HGU ke Pemda dan menginformasikan kepada mereka bahwa kita, negara akan memakan lahan itu untuk kepentingan masyarakat,” ungkap Ade Yasin.

Menurutnya, luasan lahan yang akan digunakan tersebut berkisar 81,7 hektar. Namun lahan itu belum termasuk pemenuhunan fasilitasi sosial dan umumnya (Fasos-Fasum).

“Kita relokasi ke tempat yang aman. Dan yang direlokasi itu yang rumahnya tidak bisa ditinggali lagi karena kondisi tanah labil. Tapi untuk yang rusak ringan dan berat, itu ada perbaikan,” jelas Ade Yasin.

BACA JUGA :  Profil Maarten Paes, Kiper FC Dallas jadi Pemain Naturalisasi Berdarah Kediri

Di samping itu, Ade Yasin menegaskan jika pemerintah daerah juga terus melakukan penanaman pohon vetiver sebagaimana yang diinstruksikan Presiden Jokowi. Bahkan, ia mengklaim jika penanaman itu sudah dilakukan sebelum instruksi tersebut ada.

Sebagai ketua tim penghijauan, ia memastikan jika dirinya akan memantau setiap perkembangan di wilayah terdampak bencana.

“Saya akan terus memantau. Ketika ada kekurangan kita komunikasi dengan kementerian yang telah mensupprot kita. TNI dan Polri juga tetap membantu walaupun id luar tanggap bencana. Alhamdulilah semuanya bergerak,” kata Ade Yasin. (Firdaus)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================