“Kita ingin memulai hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem, satwa, flora, dan fauna,” kata Jokowi.

Tak hanya itu, setelah melepaskan sepasang Elang Jawa, kegiatan Jokowi selanjutnya yaitu melakukan penanaman pohon jenis Pulai dan Vetiver. Tanaman Vetiver atau akar wangi memang kerap digunakan untuk menguatkan struktur tanah di sekitar lokasi penanaman.

Penanaman itu pun bertujuan menghijaukan kembali lahan-lahan yang masih minim tanaman sehingga ke depannya selain dapat memberikan oksigen yang baik juga dapat mencegah terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor.

BACA JUGA :  Cara Membuat Rolade Ayam Klasik Spesial yang Simple dam Lezat

Selain Pulai dan vetiver, peserta lain dari unsur Pentahelix juga menanam jenis tanaman kuat dan produktif lainnya seperti belimbing, alpukat, durian dan sebagainya.

“Kita juga ingin memulai penanaman kembali atau reboisasi di kawasan yang sering banjir, longsor dengan penanaman vetiver dan tanaman yang fungsi hijaunya dan ekonomisnya juga ada dan itu yang akan terus kita dorong,” tutup jelasnya.

BACA JUGA :  Tambah Daya Ingat dengan 5 Minuman Ini, Bikin Lebih Fokus dan Produktif

Sebelumnya, Jokowi juga melakukan penanaman vetiver saat kunjungan kerjanya di Sukajaya, Jawa Barat, Senin (3/2/2020). Di sana, dia juga meminta masyarakat setempat untuk menjaga pertumbuhan tanaman itu agar bisa memperbaiki lingkungan di sekitarnya. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================