ROMA TODAY – Vatikan menutup sementara semua gereja Katolik di seluruh Roma untuk mencegah penyebaran virus Corona. Vikaris (pejabat) kepausan untuk Roma mengatakan gereja-gereja akan dibuka kembali pada 3 April 2020.

“Akibatnya, umat beriman dibebaskan dari kewajiban mereka untuk memenuhi aturan pesta,” kata Kardinal Angelo De Donatis dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir AFP, Jumat (13/3/2020).

Vatikan menghabiskan berhari-hari untuk mengambil tindakan drastis menutup tempat-tempat ibadah di negara yang relijius itu. Vatikan juga menutup museumnya dan bahkan Basilika Santo Paulus-bagian dari kubahnya yang menjulang yang dirancang oleh Michelangelo-bagi para wisatawan ketika jumlah korban tewas terus meningkat.

BACA JUGA :  Membahas Koalisi, Golkar Ajak Demokrat Bernostalgia di Pilkada 2024

“Ketentuan ini adalah untuk kebaikan bersama,” ujar De Donatis.

Vatikan juga melarang misa di seluruh negeri dan membatalkan semua pernikahan dan pemakaman. Tetapi gereja-gereja itu sendiri tetap terbuka selama umat beriman mengikuti peraturan pemerintah dan tetap terpisah satu meter (tiga kaki) ketika berada di dalam.

Sebelumnya, pimpinan umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, mendorong para pastor untuk ‘memiliki keberanian’ pergi keluar dan membantu orang-orang yang terinfeksi virus Corona. Seruan ini disampaikan Paus Fransiskus setelah otoritas Italia memberlakukan lockdown terhadap seluruh wilayahnya karena wabah virus Corona.

BACA JUGA :  Diduga Karena Salah Paham, Warga Palembang Dibacok Tetangga

“Mari terus berdoa bersama untuk mereka yang sakit, para petugas kesehatan, begitu banyak orang yang menderita akibat wabah ini,” ucap Paus Fransiskus dalam misa di Vatican City, seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (10/3/2020).

“Mari kita berdoa juga kepada Tuhan, untuk para pastor kita, agar mereka memiliki keberanian untuk pergi keluar dan mengunjungi mereka yang sakit… dan mendampingi para staf medis dan relawan dalam pekerjaan yang mereka lakukan,” cetusnya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================