PANDEGLANG TODAY – Menggunakan alat semprot seadanya dan membeli bahan-bahan cairan menggunakan anggaran kas pemuda untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Itulah yang dilakukan para pemuda Kampung Kaso, Desa Nembol, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglan, Banten demi memutus mata rantai virus Corona.

“Ini yang kedua kalinya kami melakukan penyemprotan disinfektan dengan cara mandiri,” tutur Ibnu Malik salah seorang tokoh pemuda kaso melalui pesan whatsApp kepada bogor-today.com, Senin (30/3/2020).

Ibnu – begitu disapa – menjelaskan, Kampung Kaso salah satu kampung yang jarang sekali tersentuh bantuan pemerintah, namun sikap apatis pemerintah desa tidak menyurutkan semangat pemuda Kaso untuk berbuat yang terbaik bagi amsyarakat

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Minta Tingkatkan Program DWP Sampai ke Unit

“Meski anggaran kas pemuda di Kaso tidak besar, inshaAlloh kami akan melakukan penyemprotan secara periodik tiga sampai empat hari dalam satu minggu, sasarannya fasilitas umum seperti masjid, majlis ta’lim, jalan lingkungan, rumah warga,” jelasnya.

Irfan Nopiandi salah seorang tokoh pemuda Kaso lainnya pun menambahkan, selama masa work from home (WFH) para pemuda Kampung kaso membuat program praktik pembuatan disinfektan, handsanitizer untuk diberikan kepada masyarakat Kaso.

“Selain itu, kami juga mengedukasi masyarakat Kaso tentang pentingnya menjaga kebersihan, melakukan pola hidup sehat. Dan kami pun menghimbau kepada warga Kaso yang baru saja pulang dari luar daerah agar melakukan isolasi diri dirumah masing- masing,” kata Irfan sapaan akrabnya.

BACA JUGA :  Pangandaran Diguncang Gempa Terkini M3,7, Pusat di Laut Kedalaman 10 Km

Namun, sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang khsusunya pihak Kecamatan Mandalawangi dan Pemerintah Desa Nembol kurang responsip dengan Pandemi Corona yang telah merenggut ribuan nyawa manusia di muka bumi ini.

“Hingga saat ini, belum ada tim kesehatan dari Desa Nembol yang datang ke Kampung Kaso untuk mengotrol atau mengecek kesehatan masyarakat secara dor to dor, padahal itu sangat penting. Kami pemuda Kaso, mungkin seluruh masyarakat di Desa Nembol sangat berharap ada campur tangan pemerintah desa dalam mencegah merebaknya Covid 19,” tegas Eka Rahmat Bahana tokoh pemuda Kaso lainnya. (Iman R Hakim)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================