3. Sulit Membagi Waktu

Tidak semua orang tua punya waktu yang fleksibel selama di rumah. Seperti yang diceritakan Iyah, ia harus bekerja sekaligus menemani  dan mengajarkan anaknya sekolah online di rumah. “Orang tua perlu membagi diri untuk mendampingi anak belajar dengan tugas-tugas yang ada di kantor atau di rumah,” ungkap psikolog Ikhsan. Jika tidak bisa mengatur waktu dengan baik, pekerjaan yang berantakan serta merasa gagal membimbing anak belajar selama di rumah inilah yang menyebabkan orang tua jadi sedih dan merasa stres. 

Agar Tidak Stres, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Sekolah Online

Sekolah online dipastikan akan berlangsung dalam jangka waktu lama. Untuk itu, Anda perlu tahu tips mengatasi agar tidak stres selama menemani anak sekolah online. Cara pertama yang perlu dilakukan adalah manajemen waktu yang baik. “Orang tua perlu punya manajemen waktu yang baik, jadi jam berapa harus mendampingi anak dan jam berapa sudah bisa mulai kerja,” kata Ikhsan. Misal, sekolah online berlangsung dari jam tujuh sampai sepuluh siang, Anda bisa memulai pekerjaan kantor yang sifatnya bisa dikerjakan lebih dulu. Setelah anak usai sekolah dengan sistem PJJ, kira-kira jam 12 siang, Anda bisa istirahat sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang tidak ia mengerti. Intinya, bagi waktu atau shift bersama pasangan, siapa yang menemani anak belajar dan siapa yang akan membantunya mengerjakan PR, ganti-gantian saja. Lalu, orang tua harus jujur kalau tidak mengerti dengan pertanyaan atau materi pelajaran anak.  “Jujur juga sama diri sendiri bahwa ada kalanya sudah lupa dengan materi pelajaran pada anak. Sampaikan kepada anak kalau Anda lupa dan mengajaknya mencoba belajar bersama,” sambungnya. Jangan ragu juga untuk bertanya kepada guru si anak tentang bagian pelajaran yang Anda tidak pahami.  Untuk orang tua yang gaptek, bila perlu minta dikirimkan materi pelajaran seperti buku dan juga soal-soal latihan. Di waktu senggang, orang tua bisa mempelajari dan nantinya bisa lebih mudah menjelaskan ke pada anak.  Terakhir, pahami gaya belajar anak Anda. Kalau anak Anda punya gaya belajar sambil mendengarkan musik, cobalah untuk mengikutinya, jangan malah dilarang. “Coba pahami gaya belajar anak bagaimana, kalau anak sudah tahu gaya belajarnya, kita juga tahu gaya belajar anak bagaimana. Akhirnya ini membantu kita untuk lebih mudah mengajari anak, sehingga beban stresnya tidak terlalu besar,” pungkas psikolog Ikhsan. Untuk tahu informasi lanjut tentang parenting, tips belajar online, atau bahkan cara mengatasi stres di rumah, jangan ragu ajukan pertanyaan ke dokter dan psikolog. (Net)
Halaman:
« 1 2 » Semua
BACA JUGA :  Berdampak Positif Bagi Masyarakat, Pemkab Bogor Dukung Rencana Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol
============================================================
============================================================
============================================================