BOGOR TODAY – Kondisi Situ Citongtut, Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor sejak beberapa hari kebelakang membuat heboh warga sekitar.

Pasalnya, ribuan ikan hasil sumbangan dari beberapa dinas dan instansi yang direncanakan untuk pesta rakyat pada akhir tahun 2021 ini mendadak mati. Bahkan bangkai ikan yang telah mengambang sejak dua hari lalu diprotes warga lantaran bau busuk yang menyengat.

“Sudah terlihat mengambang sejak dua hari lalu. Dan sudah diprotes warga karena sudah mengeluarkan aroma tak sedap,” Tutur Kades Cicadas Dian Hermawan, Selasa (2/2/2021).

BACA JUGA :  Diduga Cabuli Siswi, Ibu Guru di Natuna Ditangkap Polisi

Dian menduga ribuan ikan tersebut mati karena tercemar limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) pabrik. Kata dia, ada 17
pabrik yang mengalirkan air ke arah Situ. Namun dirinya belum bisa memastikan pabrik mana yang yang membuang limbah beracun tersebut.

Dian menuturkan bahwa ikan yang berada di Situ Citongtut itu dimanfaatkan untuk konservasi dari lembaga terkait termasuk Pemerintah Kabupaten Bogor. Selain itu benih ikan pernah disebar untuk pesta rakyat pada akhir 2021.

“Pada 2020 lalu pernah seperti ini, tapi ini yang parah dan menimbulkan bau busuk hingga menyebar ke area permukiman warga,” kesalnya.

BACA JUGA :  Pasokan Air Bersih Tirta Pakuan Kota Bogor Tembus ke 178.000 Pelanggan

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Pengaduan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Riri Lubis belum bisa berkomentar lebih banyak terkait matinya ribuan ikan itu. Dirinya menyebut harus adanya verifikasi kebenarannya seperti yang tercantum dalam amanat Undang-undang

“Jika sudah ditelusuri lebih dalam, maka tidak menutup kemungkinan dijatuhkan sanksi terhadap pelaku pencemaran lingkungan,” tegas Riri.

Pihaknya berharap agar semua elemen masyarakat dapat peduli terhadap lingkungan agar tetap nyaman. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================