Tim gabungan berupaya membuka kembali jalur alternatif Cipanas-Jonggol tepatnya di Ruas Mariwati, Kecamatan Sukaresmi yang tertutup longsor setinggi satu meter dengan panjang 12 meter, sambil menunggu alat berat, Senin malam (24/5/2021). Foto : Istimewa

BOGOR TODAY – Hujan deras yang mengguyur Bogor dan sekitarnya sejak Senin (23/5/2021) sore kemarin mengakibatkan tebing setinggi 3,5 meter di ruas Jalan Mariwati, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Bogor ambrol.

Baca juga : Diserobot Pengusaha E-Parkir, Juru Parkir Ngadu ke Dewan

Akibatnya, Jalur alternatif Jonggol-Cipanas, Cianjur, terputus akibat tertutup material longsor setinggi satu meter dengan panjang 12 meter.

Dalam keterangan tertulisnya, Kapolsek Sukaresmi, AKP Irwan Alexander, menyebut longsor terjadi Senin (24/5/2021) menjelang malam.

Baca juga : 400 Pasukan Elite TNI AD Diterjunkan di Daerah Rawan Bumi Cendrawasih

“Tidak ada korban jiwa atau kerugian materi dalam peristiwa itu. Namun kendaraan tidak dapat melintas dari kedua arah karena tinggi dan panjangnya material longsoran,” terang Irwan, Selasa (25/5/2021).

Baca juga : Pangdam III Siliwangi Lepas Satgas Pamrahwan Batalyon Infanteri 315 Garuda

Agar arus kendaraan dapat melintas kembali, tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, aparat desa dan kecamatan, Retana dan warga sekitar berusaha membersihkan material longsor yang menutup jalan.

Baca juga : Virus Corona Gagalkan Pembelajaran Tatap Muka

Upaya tersebut, sambung Irwan dilakukan sambil menunggu alat berat setelah berkoordinasi dengan BPBD dan dinas terkait di Pemerintah Kabupaten Cianjur. Tebal dan panjangnya material longsoran menyebabkan upaya evakuasi mengalami kendala karena menggunakan alat manual seperti cangkul dan sekop.

“Sudah berkoordinasi dengan BPBD dan dinas terkait untuk segera menurunkan alat berat karena tinggi dan panjangnya material longsoran berupa tanah, batu dan lumpur. Kita berharap alat berat segera datang dan evakuasi dapat berjalan cepat,” katanya.

Akibat terputusnya jalur tersebut , pihaknya menyiagakan petugas beberapa meter sebelum lokasi untuk mengarahkan ke jalur lain. (B. Supriyadi).