Ponpes Asundus Bogor Ludes Terbakar

0
31

BOGOR TODAY – Pondok Pesantren Asundus Parung Banteng, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, ludes terbakar, Rabu (2/6/2021) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan, kebakaran Ponpes Asundus terjadi pada Rabu sore, sekitar pukul 16.00 WIB.

“Berdasarkan informasi yang kita terima, kejadiannya pukul 16.00 WIB. Ponpes Asundus Parung Banteng ini pimpinan KH Ujang Sauri,” kata Teofilo.

Kendati demikian, dirinya tidak bisa menyampaikan penyebab terjadinya kebakaran, sebab masih menunggu informasi lebih lanjut.

“Untuk penyebabnya belum bisa kita sampaikan. Akan tetapi, akibat dari kebakaran ini pihak ponpes mengalami kerugian berupa pakaian santri, kitab, pondok dan majlis,” ungkapnya.

Pasca kejadian, kata Teofilo, pihak ponpes membutuhkan terpal, sembako dan pakaian layak pakai.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran pada Satpol PP Kota Bogor, Mohammad Ade Nugraha mengatakan, kebakaran Pondok Pesantren Asundus Farban ini disebabkan karena arus pendek listrik.

“Kita mendapat laporan pukul 16.22 WIB. Kemudian kami terjunkan personel Regu 3 (Sukasari, Yasmin, Cibuluh) dengan mengerahkan 4 unit truck damkar Kota Bogor dan di bantu 2 unit dari Kabupaten Bogor. Tim bergerak pukul 16.25 WIB dan tiba pukul 16.40 WIB,” kata Ade.

Ade menuturkan, dalam penanganan kebakaran ini juga dibantu oleh warga sekitar, PLN, BPBD, BMT dan komunitas tanggap kebakaran. “Api berhasil dipadamkan pukul 17.07 WIB,” ujarnya.

Dalam peristiwa ini, kata Ade, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Meski begitu, pihak ponpes mengalami kerugian kurang lebih Rp 20 juta. “Kerugiannya kurang lebih Rp 20 juta,” pungkasnya. (Heri)