BOGOR TODAY – Vitamin D adalah satu-satunya nutrisi yang tubuh Anda produksi saat terkena sinar matahari. Vitamin D juga bisa kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan sehat yang tinggi vitamin D berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hampir 50% populasi dunia mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Ini sebagian karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan atau memakai tabir surya saat di luar ruangan juga makan makanan yang rendah sumber vitamin D.

Nilai harian yang direkomendasikan (DV) adalah 800 international units (IU) atau 20 mikrogram (mcg) vitamin D per hari dari makanan.

BACA JUGA :  4 Bahan Sederhana Bisa Bikin Cemilan Enak, Ini Dia Cara Membuat Jasuke di Rumah

Jika Anda tidak mendapatkan cukup sinar matahari, asupan Anda harus mendekati 1.000 IU atau 25 mcg per hari.

Berikut tiga makanan sehat yang tinggi vitamin D :

  1. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D yang bagus.

Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram salmon Atlantik hasil budidaya mengandung 526 IU vitamin D, atau 66% dari DV. Sementara rata-rata salmon tangkapan di alam liar mengandung 988 IU vitamin D per 100 gram, atau 124% dari DV.

Beberapa penelitian menemukan tingkat yang lebih tinggi pada salmon liar hingga 1.300 IU per 100 gram. Tapi, salmon budidaya hanya mengandung 25% dari jumlah itu. Hanya, 100 gram salmon budidaya menyediakan sekitar 250 IU vitamin D, atau 32% dari DV.

  1. Kuning telur
BACA JUGA :  Minuman Segar dengan Es Madu Lemon Blewah yang Enak Dinikmati saat Cuaca Panas

Orang yang tidak makan ikan harus tahu bahwa makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Telur utuh adalah sumber lain yang baik, serta makanan bergizi yang luar biasa.

Sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur.

============================================================
============================================================
============================================================