Rio Waida menempati posisi ketiga di babak pertama heat 3 Surfing Olimpiade Tokyo 2020. (REUTERS/LISI NIESNER)

TOKYO TODAY – Surfer Indonesia Rio Waida berhasil lolos ke babak 16 besar setelah finis kedua di babak kedua cabang olahraga surfing Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7/2021).

Peselancar 21 tahun itu tampil impresif dengan mengemas total 11,53 poin dan berhak menempati posisi kedua di bawah peselancar Amerika Serikat John Florence.

Melansir cnnindonesia.com, Florence yang masuk daftar surfer unggulan di Olimpiade kali ini berhasil berada di puncak dengan perolehan 12,77 poin.

Baca juga : Gregoria Mariska Tunjung Lolos ke Perempatfinal Thailand Masters

Sementara posisi ketiga dihuni Billy Stairmand asal Selandia Baru. Stairman memperoleh nilai 11,34 dan hanya berjarak tipis dari Rio Waida.

Sebelumnya Rio Waida sukses menempati urutan ketiga di babak pertama dengan nilai 5,90. Namun, ia berhasil memperbaiki peringkat sekaligus perolehan poin 5,63 untuk mencapai total 11,53.

Baca juga : Indonesia Berpeluang Tambah Medali di Cabor Angkat Besi

Di posisi keempat ada surfer asal Chile Manuel Selman yang mengantongi total 9,74 poin. Sementara Carlos Munoz asal Kostarika menempati urutan buncit tanpa perolehan poin.

Dengan demikian, Rio Waida dan Florence berhak melaju ke babak 16 besar mendampingi Lucca Mesinas (Peru) dan Kolohe Andino (Amerika Serikat) yang lebih dulu memastikan tempat.

Rio merupakan atlet berdarah Jepang yang didapat dari sang ibu, Kaoru Waida yang menikah dengan orang Indonesia, Muhamad Zaini. Kedua orang tuanya merupakan peselancar.

Selanjutnya, Rio Waida harus bersaing dengan surfer tuan rumah Kanoa Igarashi pada babak 16 besar di Tsurigasaki Surfing Beach, Senin (26/7/2021).
(Jun/CNN/B. Supriyadi)