4. Stres berlebihan

Tuntutan pekerjaan, masalah keluarga, atau tagihan yang menumpuk bisa menimbulkan stres. Hati-hati, stres bisa membuat perutmu menjadi buncit, lho. Pada saat stres, kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Tingginya kadar hormon kortisol dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut dan membuat ukuran sel-sel lemak menjadi lebih besar.

Pada sebagian orang, stres juga bisa memicu kebiasaan makan atau ngemil berlebihan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa stres bisa membuat perut buncit.

5. Kurang tidur

Orang yang sering begadang atau kurang tidur juga lebih rentan mengalami obesitas atau perut buncit. Beberapa riset menyebutkan bahwa orang-orang sering kurang tidur cenderung lebih mudah mengalami peningkatan berat badan dan sulit mengontrol berat badan tetap ideal.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 16 Mei 2024

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidur sekitar 7–8 jam setiap malam. Jika selama ini kamu sering kurang tidur, cobalah terapkan jadwal tidur yang teratur dan biasakan sleep hygiene.

6. Kebiaaan mengonsumsi minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan erat kaitannya dengan peningkatan ukuran lingkar pinggang dan perut buncit. Hampir setiap jenis minuman beralkohol mengandung banyak kalori, yaitu sekitar 150 kalori dalam 1 gelasnya.

Jadi, semakin berlebihan mengonsumsi minuman beralkohol, semakin banyak pula kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, hal ini juga bisa membuat perut cepat buncit jika dibarengi dengan pola makan tidak sehat.

Perut buncit memang harus diwaspadai, apalagi kalau sudah menyebabkan obesitas. Kementerian Kesehatan Indonesia menyebutkan bahwa orang dewasa masuk dalam kategori obesitas jika memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 25.

BACA JUGA :  Kevin Sanjaya Resmi Putuskan Pensiun Sebagai Atlet Bulu Tangkis

Obesitas merupakan kondisi yang berbahaya karena berpotensi menyebabkan berbagai komplikasi, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Dengan mengetahui berbagai hal yang membuat perut buncit, diharapkan kamu bisa menghindarinya dan mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar bisa segera terbebas dari perut buncit.

Namun, bila kamu merasa kesulitan untuk mengecilkan perut buncit atau mencapai berat badan ideal, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui diet dan cara menurunkan berat badan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhanmu.(net)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================