Pemkab Bogor Targetkan 120 Ribu Ibu Hamil Dapatkan Vaksinasi

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menargetkan pada 2021 sebanyak 120 ribu ibu hamil (bumil) mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Bupati Bogor, sekaligus ketua Satgas Covid-19, Ade Yasin menyebut vaksin yang digunakan terhadap ibu hamil merupakan vaksin Moderna. Vaksin moderna merupakan vaksin yang dikembangkan dengan platform mRNA yang diperoleh melalui COVAX facility yang merupakan jalur multilateral dan diproduksi oleh Moderna TX., Inc USA.

“Hari ini sasaran prioritasnya adalah kelompok ibu hamil. Jadi, berdasarkan data 2021 sebanyak 120 ribu hamil ditargetkan mendapatkan vaksin,” terang Ade, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/8/2021).

BACA JUGA :  Pencok Kentang Betawi, Makanan Renyah yang Gurih Bikin Nagih

Namun, kata Ade bagi bumil yang usia kandungannya di bawah 13 minggu belum diperbolehkan divaksin. Karena kondisi kandungan yang masih rawan.

“Jika kehamilannya ada gejala-gejala seperti kaki bengkak, nyeri ulu hati, sakit kepala hebat, lalu tensi darah di atas 140 itu juga belum boleh,” tuturnya.

Ade memastikan, vaksin jenis moderna ini dijamin aman, selama ibu hamil tersebut tidak memiliki komorbid atau riwayat penyakit jantung, diabetes, atau yang perlu dikonsultasikan.

BACA JUGA :  Laga Penentuan Timnas Indonesia vs Yordania di Piala Asia U-23 2024

“Hari ini karena baru peluncuran, jadi dilakukan secara massal. Selanjutnya bisa dilaksanakan di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Bisa juga dilaksanakan di beberapa tempat lain yang sudah di tentukan,” katanya.

Dengan demikian, Ade berharap dengan vaksinasi untuk ibu hamil ini dapat mengurangi risiko dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (B. Supriyadi).

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================