Jelang PTM, Guru SD di Tamansari Digembleng KTSP

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pendidikan berencana akan menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dalam waktu dekat ini. Maka itu, sumber daya manusia atau tenaga pendidiknya perlu digembleng guna mempersiapkan tahun ajaran baru secara PTM.

Hal itu pun salah satunya dilakukan pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Tamansari yang menggelar workshop pengembangan dan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SDN Sukamantri 3.

Jaenal Abidin selaku Ketua KKG mengatakan, pelaksanaan KTSP ini untuk menyikapi tahun ajaran baru didalam kondisi pembelajaran khusus atau pembelajaran darurat di situasi dan kondisi yang memang saat ini sedang pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Bihun Goreng Sapi yang Lezat Gurih dan Praktis

“Dimasa kondisi darurat ini pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu penyederhanaan kurikulum. Nah penyederhanaan kurikulum ini ada tiga, yang pertama apakah kita mau menggunakan Kurikulum 2013 yang KIKD-nya Permen 37 tahun 2018 atau opsi lain. Kedua dari Balitbang itu KIKD-nya yang sudah di sederhanakan dan ke tiga itu kurikulum yang menyederhanakan sendiri atau secara mandiri. Jadi KIKD yang asli disederhanakan sendiri oleh sekolah, tapi kami mencoba menggunakan KIKD yang sudah disederhanakan oleh pemerintah yaitu dari Balitbang dengan KIKD yang sudah disederhanakan sendiri,” kata Jaenal, Senin (30/8/2021)

BACA JUGA :  Kecelakaan Bus Angkut 35 Orang Terguling usai Tabrak Tebing di Bantul

Dari kegiatan ini, pihaknya berharap guru-guru SD yang ada di Kecamatan Tamansari untuk membuat menyusun dari kurikulum tingkat Satuan Pendidikan dasar yaitu dokumen satu, ke pengawas pembina menyampaikan menjabarkan agar guru-guru tahu dan paham bagaimana menyusun KTSP tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================