UMi Bumdes Panca Bhakti, Bangkit Ditengah Bumdes Yang Mati Suri

BOGOR-TODAY.COM, BOGORPasca dibentuk ulang Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Panca Bhakti yang berkantor di Kampung Cikalong, RT 01/03, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor kembali bergeliat.

Pasalnya, BUMDES ini tidak hanya memiliki prodak unggulan yang diangkat dari potensiyang ada di Desa Mekarjaya seperti pupuk dan kopi.

“Namun, ada juga Ultra Mikro (UMi) yang merupakan prodak unggulan yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ujar Ketua Yunit Simpan Pinjam BUMDES Panca Bhakti, Edy Suryadi, Junat (8/10/2021).

BACA JUGA :  Pedagang Gorengan di Ciampea Bogor Ditemukan Tewas Gantung Diri

Edy mengatakan, produk unggulan UMi ini sejenis dengan koperasi simpan pinjam (KSP) pada umumnya, yang sengaja dihadirkan untuk masyarakat dalam hal permodalan. Namun yang beda dari Ultra Mikro BUMDES Panca Bhakti ini adalah tidak adanya bunga, denda dan potongan.

“Ya, Cukup dengan isi pormulir foto Copy KTP dan KK ajukan melalui RT nanti RT setempatnya yang akan menyampaikan ke kita, gak perlu jaminan ini itu dan kita pastikan tidak ada bunga dan denda, paling hanya sebatas administrasi saja karna tujuan dari ini berpedoman dari masyarakat untuk masyarakat,” tutur dia.

Di samping itu, lanjut dia, UMi ini di harapkan jadi salah satu prodak yang bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha kecil yang terjerat dengan bang keliling atau rentenir, hingga bisa membantu meningkatkan perekonomian desa.

BACA JUGA :  Jelang Purna Tugas, Sekda Burhanudin Titip Pesan Agar ASN Selalu Kerja Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

“Alhamdulillah anggota Ultra Mikro kita sudah sebanyak 128 yang tersebar di 34 RT di Desa Mekarjaya, dan ini sudah masuk keputaran (pinjaman) ketiga. Selain itu kita juga ada loh prodak unggulan lain seperti kopi dan pupuk, dan untuk pupuk ini adalah pupuk kompos organik (tankos sawit) hasil kerjainan dari karang taruna Desa Mekarjaya yang kita pasarkan,” tutupnya. (Didin/CR)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================