Sejarah Singkat Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Diperingati Setiap 10 Oktober dan Tujuannya
Sejarah Singkat Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Diperingati Setiap 10 Oktober dan Tujuannya. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COMHari Kesehatan Mental Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menyebarkan pendidikan tentang masalah kesehatan mental di seluruh dunia.

Kesehatan mental telah menjadi fokus di masa pandemi tidak seperti sebelumnya karena orang-orang dari semua kelompok umur dan pekerjaan menanggung beban ‘normal baru’. Kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, pelajar, orang yang tinggal sendiri, dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya sangat terpengaruh.

Melansir hindustantime.com, Minggu (10/10/2021) Direktur Regional WHO Wilayah Asia Tenggara, Dr Poonam Khetrapal Singh mencatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan pengakuan akan peran penting kesehatan mental dalam mencapai tujuan pembangunan global, seperti yang digambarkan dengan dimasukkannya kesehatan mental dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

BACA JUGA :  Taktik Jitu dan Profesionalisme Ala Shin Tae-yong

Kemudian, orang dengan kondisi kesehatan mental berisiko lebih tinggi diperediksi meninggal lebih cepat. Depresi salah satu penyakit kesehatan mental yang paling umum adalah salah satu penyebab utama kecacatan, sementara bunuh diri adalah penyebab kematian kedua di antara usia 15-29 tahun.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Okra untuk Diet Turunkan BB

“Mayoritas orang yang hidup dengan masalah kesehatan mental di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah meningkatkan tantangan kami berlipat ganda yang perlu ditangani dengan prioritas, ”kata Dr Poonam.

Sejarah dan Makna Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pertama kali diperingati pada 10 Oktober 1992 sebagai kegiatan tahunan Federasi Kesehatan Jiwa Sedunia.

============================================================
============================================================
============================================================