Alma membeberkan, bagaimana membangun inklusif sosial dan budaya yang berkembang dinamis, ini yang pihaknya tengah bangun. Seperti kasus GLOW artinya Pemkot Bogor harus membuka seluas-luasnya untuk masukan yang membangun dalam kegiatan.

“Jadi itu soal GLOW merupakan partisipasi masyarakat yang berpendapat dan harus direspon. Momentum ini tadinya akan digelar dalam festival HAM, tetapi tahun ini yang menjadi kota terpilih menyelenggarakan festival adalah Semarang. Untuk tahun depan Kota Bogor, sehingga salam damai Kota Bogor untuk dunia itu nyata bukan hanya pencitraan. Kota Bogor ramah keluarga, persoalan GKI Yasmin salah satu contoh yang real,” terang Alma Wiranta.

BACA JUGA :  Kota Bogor Jalankan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR

Ditempat yang sama, Direktur Riset Setara Institut Halili Hasan menjelaskan, pihaknya tentu sangat senang melihat dari progres yang berlangsung, ada beberapa indikator yang memang harus diterapkan pemerintah. Dirinya melihat hal pertama, Pemkot Bogor all out untuk memastikan sejarah Kota Bogor yang toleran itu tidak tercemar dengan kelompok-kelompok yang masuk.

“Kedua dilihat dari kegiatan berlangsung bersinergi. Karena kita berbicara toleransi di Kota Bogor dan real hari ini berinteraksi dengan tentu toleransi tidak mengandalkan pemerintah semata. Karena berbicara regulasi, bukan hanya ada regulasi pemerintah. Saya melihat, ada perubahan signifikan di Kota Bogor. Dilihat dari isu internasional adalah GKI Yasmin dengan penyelesaian yang baik, progres yang patut diapresiasi karena kasus sudah menjadi catatan internasional,” jelas Halili.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Kontra Korea Selatan di 8 Besar Piala Asia U-23

Selain penyelesaian kasus, Halili menambahkan, ada mobilisasi sumber daya yang signifikan, dahulu kami melihat adanya tendensi yang acuh dari para tokoh masyarakat

“Tapi kolaborasi di Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bogor bersama Bagian Hukum dan HAM Pemkot Bogor menciptakan ada progres kolaborasi antar umat beragama,” pungkasnya. (Aditya)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================