Debit Air Sungai Ciranggon
Debit Air Sungai Ciranggon Menjadi Pemicu Banjir di Gunung Putri. Foto : Ilustrasi banjir di Kabupaten Bogor.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORDebit air Sungai Ciranggon menjadi pemicu banjir yang menerjang Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor pada Sabtu  (30/10/2021) malam kemarin.

Namun, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan banjir dengan ketinggian muka air 20 hingga 50 cm berdampak pada 60 KK tersebut telah surut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya yang diterima wartawan, Minggu (31/10/2021) menyebutkan bahwa adanya penyempitan di bagian hilir sungai, sehingga debit air meluap ke pemukiman warga.

BACA JUGA :  Rahasia Orang Jepang Miliki Kulit Mulus dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

“Air sudah berangsur surut. Dan sebagian warga yang mengungsi sementara waktu telah kembali ke rumah mereka. Sejauh ini para warga membersihkan rumah dan lingkungan dari sampah yang terbawa banjir,” ucapnya.

BACA JUGA :  Halmahera Barat Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi M 3,3

Dengan demikian, meski tidak menelan korban jiwa, petugas BPBD mengimbau warga untuk segera mengevakuasi mandiri apabila terjadi hujan deras di kawasan tersebut.

“Prakiraan cuaca di wilayah Gunung Putri masih berpeluang terjadi dengan intensitas ringan hingga hujan petir dalam sehari ke depan,” kata Abdul Muhari.

============================================================
============================================================
============================================================