PT Elnusa Tbk
PT Elnusa Tbk yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina melakukan penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama Bukti Konsep (Proof of Concept) Teknologi Smart Retrofit bersama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kecamatan Bogor Tengah pada Senin (1/11/2021) sore.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR PT Elnusa Tbk yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina melakukan penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama Bukti Konsep (Proof of Concept) Teknologi Smart Retrofit bersama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kecamatan Bogor Tengah pada Senin (1/11/2021) sore.

Diketahui Teknologi Smart Retrofit ini berbasis Internet of Things (IoT) dan bisa mendukung pengelolaan air di Kota Bogor.

Penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama itu dilakukan oleh Direktur Utama PT Elnusa Tbk, Ali Mundakir dan Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan, disaksikan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Penandatanganan ini juga dihadiri oleh Direktur Operasi merangkap Pengembangan Usaha Elnusa, Rony Hartanto, VP Business Development PT Elnusa Tbk, Hera Handayani serta Kepala Departemen Teknologi Informasi PT. Elnusa Tbk, Adi Yatama.

BACA JUGA :  Daruba Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi Terkini M 4,7, Berpusat di Laut

Dari Perumda Tirta Pakuan juga hadir Direktur Teknik Ardani Yusuf, Direktur Umum Rivelino Rizky serta jajaran Badan Pengawasan Dody Rosadi bersama Hanafi.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, sekarang jamannya berkolaborasi, dirinya berpendapat kni merupakan pilihan cerdas berkolaborasi dengan Elnusa. Ia berharap teman-teman Tirta Pakuan tidak hanya berkolaborasi jangka waktu pendek dengan gratisnya.

“Tapi saya minta ada transfer knowledge. Saya lihat sudah mulai adanya kebocoran cepat terdeteksi, perbaikan bisa cepat. Jadi PDAM itu tantangannya banyak untuk tetap menjaga kualitas pelayanan. Ada kebutuhan untuk meningkatkan produksi, ada kebutuhan untuk meminimalisir kebocoran air, ada kebutuhan untuk merapihkan data-data pencatatan penggunaan dari pelanggan dan itu semua bisa di lakukan dengan cara berkolaborasi tidak saja dengan anggaran dari Tirta Pakuan atau modal dari Pemerintah Kota,” ungkap Bima

BACA JUGA :  Humanis, Pemkab Bogor Tata Pedagang Kawasan Puncak Masuk ke Rest Area Gunung Mas

Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan memaparkan, dengan Elnusa ini berbasis IoT jadi pihaknya ini ingin membaca meteran secara otomatis, jadi selama ini harus difoto meterannya dan kirim laporan hasil bacaannya.

“Setelah itu baru kami tagihkan, tapi nanti real time kami bisa dapat cek pemakaian di pelanggan, cuma ini masih bentuk konsep, kami harus buktikan bahwa dia kuat terhadap air, angin, debu, pencurian dan segala macam. Nah konsep ini yang akan kami coba, dan hari ini kerjasama sama dengan Elnusa juga dengan ada satu pihak lain lagi kita akan coba di sekitar 800 pelanggan kami di Kota Bogor,” tuturnya.

======================================
======================================
======================================