Bersama KOPASSUS, RIMBA Selamatkan Kawasan Karst Ciampea

BOGOR-TODAY.COM, BOGORKawasan karst Gunung Kapur Ciampea yang berada di wilayah Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat adalah bagian dari bentang alam yang manjadi salah satu kawasan yang memiliki peran penting bagi kelangsungan ekosistem kehidupan di Jawa Barat.

Ketua Relawan Pembela Alam Indonesia (RIMBA), Wiwid menuturkan, kekayaan alam Gunung Kapur Ciampea itu luar biasa sebab selain kekayaan alam, disana ada nilai-nilai sejarah peradaban bumi atau juga sejarah peradaban leluhur Bangsa Indonesia.

“kekayaan alam di Pasir Lalana atau atau yang di kenal masyarakat Gunung Kapur itu sangat luar biasa piasan, Seprti bisa kita ambil contoh hasil temuan Tim Batalyon 14 Grup 1 KOPASSUS dan RIMBA yang beberapa kali melakukan Observasi dan Survey kawasan Pasir Sinala,” Tuturnya, Kamis (11/11/2021).

“Bahkan kita bersama-sama melakukan Ekspedisi Goa-Goa di Kawasan Tersebut, banyak menemukan kekayaan alam hayati sepeti ditemukanya Udang Purba didalam Goa Vertikal, dikedalaman 150 meter.” Sambungnya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 18 Mei 2024
rimba
Tim Batalyon 14 Grup 1 KOPASSUS dan RIMBA yang beberapa kali melakukan Observasi dan Survey kawasan Pasir Sinala.

Dia mengukap, banyak ditemukanya potensi goa-goa vertikal di kawasan yang menyimpan Stock air bersih, selain itu ditemukan juga jejak fosil biota laut dan fosil trumbu karang serta elang Jawa yang sedang berburu mangsanya.

Selain jenis-jenis burung, ada ular dan tumbuh-tumbuhan khas bebatuan gamping, serta potensi dari jejak geologi dan biologi di kawasan Pasir Sinala atau Gunung Kapur Ciampea itu, ada jejak artefak kehidupan di masa silam Leluhur Bangsa Indonesia.

“Dengan data yang ada hasil observasi, survey dan pendataan potensi oleh Prajurit KOPASSUS dan para relawan dan hasil data-data sebelumnya, kawasan karst Ciampea yang tersisa harus diselamatkan. Dan itu harus dijaga dan lestarikan menjadi kawasan Ekowisata ( wiasta berbasis pendidikan) atau menjadi bagian Geopark di wilayah Bogor,” tegas Wiwid.

BACA JUGA :  10 Persen Angka Kematian ASN Akibat Penyakit Tidak Menular, Sekda Kota Bogor Tingkatkan Sosialisasi

Selain itu, Rimba bersama dengan KOPASSUS akan terus berupaya untuk ikut serta berperan aktif dalam penyelamatan kawsan Karst Ciampea dan siap sedia selalu untuk berkolaborasi dengan berbagai lintas komunitas, baik komunitas penggiat alam maupun komunitas penggiat budaya, untuk menjaga dan melestarikan alam hususnya Gunung Kapur Ciampea.

“Seperti pesan bapak Pendiri RIMBA, Bapak Mayjen TNI Mohamad Hasan Danjen KOPASSUS kepada kami para Relawan yang mengatakan dengan tegas bahwa Kita Jaga Alam – Alam Jaga Kita,  janganlah mengkapitalisasi alam, agar alam memberi manfaat buat kita semua.” Ujarnya.

Dia berharap semua lapisan masyarakat bisa ikut berperan aktif dalam upaya penyelamatan kawasan karst Ciampea tetap lestari.

“Yang bisa menjadi ketahanan dan pertahanan masyarakat Bogor yang berbasis sumber daya alam yang lestari dan kebudayaan,” tutupnya. (Didin/CR)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================