Cabai Rawit
Cabai Rawit Dipercaya Mampu Sembuhkan Ambeien. Foto : Ilustrasi

BOGOR-TODAY.COM Cabai rawit dipercaya mampu sembuhkan ambeien oleh masyarakat Indonesia. Namun berdasarkan penelusuran bogor-today.com, Kamis (11/11/2021)  hal tersebut ternyata hanyalah mitos.

Untuk diketahui, ambeien terjadi karena pembuluh darah vena di anus melebar dan mengalami peradangan. Hal itu dampak karena buang air besar yang terlalu keras atau terlalu lama mengejan. Dengan demikian, cabai rawit tak mampu menyembuhkan pelebaran dan peradangan pembuluh darah di anus tersebut.

Baca Juga :  Tips Mengemudi Ketika Hujan dan Angin Kencang Melanda

Melansir klikdokter.com, berbagai penelitian di dunia juga dilakukan untuk mengetahui apakah cabai rawit berpengaruh terhadap ambeien. Salah satunya adalah penelitian di Italia yang melibatkan puluhan orang penderita ambeien.

Para responden diberikan kapsul berisi bubuk cabai rawit setiap hari dan dilakukan pemeriksaan berkala terhadap ambeien yang dialami. Hasil penelitian yang dipublikasikan melalui The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi cabai rawit tak berpengaruh terhadap ambeien.

Baca Juga :  Sebuah Warung Makan di Bogor Terbakar, Pemilik Alami Luka Bakar

Untuk mengatasi ambeien, hindari hal-hal yang dapat membuat buang air besar keras, seperti duduk terlalu lama dan makan kurang serat. Sebaliknya, penderita ambeien dianjurkan untuk minum banyak air putih sedikitnya 1.5 hingga 2 liter per hari, makan banyak sayur dan buah, rutin berolahraga, dan tidak menahan buang air besar.