bmkg
Salah satu rumah warga yang rusak dampak guncangan gempa bumi di Jember, Jawa Timur, Kamis (16/12/20201). Foto : Instagram @daryonobmkg

BOGOR-TODAY.COM, JEMBER – Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dayono menyebutkan gempa Magnitudo 5,1 yang terjadi di Jember, atau wilayah Selatan Jawa Timur, Kamis (16/12/2021) disebabkan aktivitas sesar aktif dasar laut.

Dalam keterangannya yang diunggah di akun Instagram @daryonobmkg, ia menuliskan bahwa hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo 5.0

https://www.instagram.com/p/CXhjYSePnTD/?utm_medium=copy_link

“Episenter terletak pada koordinat 8,55° LS ; 113,48° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah BaratDaya Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 26 km,” tulis Daryono.

Hingga pukul 06.18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock. Gempa ini juga dikatakan tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA :  Ini Daftar Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Lawan Irak dan Filipina

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Daryono.

Selain itu, Daryono juga mengunggah kondisi rumah warga yang rusak, seperti tembeok roboh, palfon dan atap rumah yang runtuh.

Sebelumnya, Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.1 mengguncang Jember, Jawa Timur. Satu rumah dilaporkan rusak.

Mengutip akun resmi @infoBMKG, gempa terjadi sekitar jam 06:01:33 WIB. Lokasi gempa berada di 8.55 Lintang Selatan (LS),113.49 Bujur Timur (BT) pusat gempa berada di laut 42 kilometer Barat Daya Jember dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa juga rasakan di wilayah III Denpasar, Kuta, Legian, Banyuwangi, Jimbaran, Puger, Karangkates, Lumajang hingga Bondowoso.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 13 Mei 2024

“Info Gempa Mag:5.1, 16-Des-21 06:01:33 WIB, Lok:8.55 LS, 113.49 BT (42 Km Barat Daya Jember-Jatim), Kedalaman:10 Km #BMKG,” tulis akun @infoBMKG, Kamis (16/12/2021)

Sementara melansir detik.com, Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo menginformasikan dalam gemapa bumi tersebvut satu rumah dilaporkan mengalami rusak ringan.

Rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan berada di Kecamatan Wuluhan.

“Masih data sementara yang dilaporkan relawan,” kata Heru.

Menurutnya, Kecamatan Wuluhan, memang salah satu wilayah yang cukup dekat dengan pusat gempa. Karena berada di sisi selatan Jember. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================