Phubbing
Efek Negatif Phubbing , Kebiasaan Terlalu Asyik Dengan Ponsel. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Pada zaman sekarang, kebiasaan terlalu asyik dengan ponsel dan selalu mengabaikan kehadiran orang lain dapat ditemukan dimanapun, mulai dari rumah hingga tempat makan. Karena kebiasaan ini sering dianggap sebagai penghinaan atau sikap tidak sopan, biro iklan Australia mengeluarkan istilah phubbing atau phone snubbing.

Lantas, apa saja efek negatif phubbing dan cara menghentikannya?

Untuk menggambarkan seseorang yang begitu terpaku pada ponsel alih-alih berinteraksi dengan lawan bicaranya. Perilaku ini dianggap kasar, menyinggung, tidak sopan, dan merusak kepercayaan orang lain.

Baca Juga :  Waspada Cuaca Ekstrem, Wakil Wali Kota Bogor Ingatkan Soal Mitigasi Bencana

Perilaku phubbing diduga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kecanduan media sosial, kurangnya kontrol diri, dan perasaan takut ketinggalan atau disebut FOMO. Kebiasaan ini terbentuk seiring berkembangnya teknologi yang memungkinkan semua orang dapat mengkases informasi dan hiburan hanya dengan ponsel.

Penelitian menunjukkan bahwa phubbing dapat merusak hubungan atau relasi, baik dalam konteks hubungan romantis, pertemanan, keluarga, maupun pekerjaan. Hal ini karena, perilaku phubbing akan mengganggu percakapan, yang kemudian berujung pada kesalahpahaman antar individu.

Tanda-Tanda Seseorang Melakukan Phubbing

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang melakukan phubbing, di antaranya:

  • Meletakkan ponsel di samping hidangan saat sedang makan bersama keluarga, teman, kolega, atau pasangan dengan tujuan untuk berjaga-jaga jika ada panggilan atau notifikasi
  • Melakukan dua percapakan sekaligus, yaitu melalui sambungan telepon dan secara langsung
  • Selalu memeriksa ponsel di mana pun dan kapan pun, terutama saat bersama orang lain
Baca Juga :  Video Viral Kedekatan Ririe Fairus dan Nissa Sabyan, Netizen Malah Dibuat Geram

Jika tanda-tanda di atas ada pada diri Anda ataupun orang terdekat, maka hal tersebut termasuk perilaku phubbing.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua