Minyak zaitun
Mitos Atau Fakta, Minyak Zaitun Dapat Tingkatkan Sperma?

BOGOR-TODAY.COMMinyak zaitun populer dengan segudang manfaat, mulai dari memelihara kesehatan jantung hingga sebagai perawatan kecantikan.

Usut punya usut, ternyata khasiat minyak zaitun bukan hanya itu saja. Ada juga yang bilang jika minyak zaitun dapat meningkatkan kualitas sperma pria.

Namun demikian, jenis minyak zaitun ini konon mesti dikonsumsi secara rutin oleh pria yang sedang berupaya memiliki momongan.

Lantas, apa kata dokter soal manfaat minyak zaitun untuk sperma pria? simak penjelasan di bawah ini.

dr. Sara Elise Wijono, MRes, menuturkan untuk mengetahui penilaian kualitas sperma pria dapat diketahui dengan 3 penilaian di bawah ini:

1 Kuantitas

Kuantitas berarti berapa banyak sperma yang pria miliki dalam air mani ketika ejakulasi. Keadaannya dikatakan normal apabila terdapat 15 juta sperma per mililiter air mani.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Berkomitmen Tingkatkan Nilai MCP Pada Tahun 2024

2 Motilitas (Pergerakan)

Motilitas dinilai dari seberapa cepat atau baik sperma Anda bergerak ke tujuan akhir, yaitu sel telur.

Pergerakan sperma dikatakan baik apabila terdapat 50 persen yang bergerak menuju sel telur.

3 Struktur

Sperma yang normal memiliki kepala berbentuk lonjong menyerupai telur dan berekor panjang.

Sperma menggunakan ekor tersebut untuk ‘berenang’ ke sel telur. Semakin banyak sperma berbentuk normal, semakin mudah pula baginya untuk mencapai sel telur wanita.

“Beberapa penelitian dalam International Journal of Food Properties pada tahun 2017 menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki manfaat yang baik untuk sperma karena dapat membantu kerja hormon reproduksi dan mengurangi kerusakan oksidatif terhadap sperma,” jelas dr. Sara.

Penelitian tersebut, kata dr. Sara menyelidiki efek minyak zaitun pada kualitas air mani dan fisiologi sperma, bahwa asam oleat, yang merupakan kandungan utama minyak zaitun, mudah teroksidasi dibandingkan dengan jenis lemak lainnya.

BACA JUGA :  Tuban Jatim Diguncang Gempa Magnitudo 3,7

“Hal ini sangat menguntungkan sperma karena dapat menurunkan tingkat radikal bebas akibat oksidasi,” teragnya.

Selain itu, penelitian tersebut juga menyebut bahwa minyak zaitun dapat meningkatkan sinyal oksida nitrat dalam sperma yang penting untuk motilitasnya.

Oksida nitrat adalah senyawa dalam tubuh yang bisa memperlebar pembuluh darah serta merangsang pelepasan hormon pertumbuhan, termasuk testosteron.

Pemberian minyak zaitun juga disebut dapat menurunkan kandungan kolesterol dalam sperma, sehingga kualitasnya ikut meningkat.

Meski meyakinkan, penelitian tersebut sebenarnya belum bisa diaplikasikan sepenuhnya ke manusia.

Pasalnya, masih dibutuhkan penelitian lanjutan dengan skala yang lebih besar untuk memastikan khasiat minyak zaitun terhadap peningkatan kualitas sperma pria. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================