Memakai sandal jepit
Jangan Anggap Sepele Menggunakan Sandal Jepit Saat Menyetir Mobil. Foto : Ilustrasi

BOGOR-TODAY.COMMemakai sandal jepit saat menyetir mobil? Mungkin terdengar praktis, namun tahukah dibalik berkendara menggunakan sandal jepit. Meski terbilang sepele namun pengemudi wajib memperhatikan setiap detail keamanan dalam berkendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa ahli mengatakan bahwa penggunaan sandal jepit saat menyetir mobil disebutkan tidak efektif sebab sandal jepit tidak memiliki perekat kepada kaki yang menjadikannya licin atau mudah terselip. Jika Anda menggunakan sandal jepit saat berkendara, Anda berpotensi melakukan kesalahan saat menginjak pedal rem, kopling, maupun gas.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan Terhadap Masyarakat, Direksi Tirta Pakuan Ikuti Vaksin Booster

Tak hanya itu, potensi buruk lainnya juga sandal jepit dapat menyangkut di pedal sewaktu-waktu dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain itu, dikutip dari Syafril Taher sang pemilik sekolah menyetir, ia mengatakan bahwa penggunaan sandal dapat mengganggu pergerakan pengendara antara rem dan gas hingga waktu 0.1 detik.

Baca Juga :  2 Unit Mobil dan Motor Tertimpa Pohon Tumbang di Bogor

hal senada juga dikatakan Andry Berlianto, Praktisi Safety Riding and Safety Driving Indonesia. Andri mengakui mengenakan sandal jepit saat mengemudi tidak disarankan. Sebab, bisa saja berpotensi slip karena licin ketika menginjak pedal baik itu kopling, gas atau pun rem.