Ciri-ciri gempa
BMKG Beberkan Ciri-ciri Gempa Berkekuatan Besar. Foto : Ilustrasi

BOGOR-TODAY.COM, TANGERANG – Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas I Tangerang Urip Setiyono membeberkan ciri-ciri gempa berkekuatan besar magnitudo 8,7 yang akan menimpa selat Sunda sehingga dapat memicu tsunami setinggi 19 hingga 21 meter tersebut.

Kata Urip, pada umumnya gempa yang berpotensi tsunami memiliki ciri bahwa akan merasakan pusing, tidak bisa berdiri, sempoyongan hingga menyebabkan mual.

BACA JUGA :  Dijamin Bikin Nagih! Ini Dia Resep Kolang Kaling Saus Santan yang Sedap dan Mantap

“Ciri lainnya yaitu jaringan listrik dan saluran telekomunikasi akan mati seketika usai gempa ini terjadi. Oleh karena itu, BMKG meminta warga segera menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman jika guncangan berkekuatan besar dirasakan,” terang Urip, seperti mengutip cnnindonesia.com, Selasa (18/1/2022).

BACA JUGA :  Kecelakaan Avanza di Garut Tabrak Pejalan Kaki, 2 Orang Tewas

Sejauh ini kata Urip, BMKG memang masih belum mampu memprediksi secara presisi kapan gempa itu terjadi. Namun, berdasarkan hitungan permodelan para ahli pada tim pusat gempa nasional di Bandung, gempa ini bisa memicu tsunami setinggi 19-21 meter yang dampaknya terasa hingga ke daerah Lampung.

============================================================
============================================================
============================================================