sepatu baru
Cara mengatasi dan mencegah kaki lecet karena sepatu baru. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pada umumnya saat memakai sepatu baru atau berukuran lebih kecil pemakainya akan mengalami lecet di bagian atas tumit, tentunya hal itu akan menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas karena akan merasa perih.

Nah, agar lukanya cepat pulih, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

Melansir alodokter.com, Senin (7/3/2022) berikut cara mengatasi kaki lecet karena sepatu.

  • Bersihkan area kaki lecet dengan air mengalir lalu keringkan.
  • Oleskan madu, gel lidah buaya, atau petroleum jelly untuk mempercepat penyembuhan serta mencegah peradangan dan infeksi.
  • Jika muncul lepuhan, jangan dipecahkan karena dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Namun, kamu bisa mencoba mengompres lepuhan dengan kompres dingin untuk meringankan rasa perih dan terbakar.
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan sepatu yang menyebabkan kaki lecet dan pilihlah alas kaki yang lebih lembut dan terbuka sehingga tidak menutupi kaki lecet.
  • Jika beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya balut luka dengan kasa steril agar luka tetap bersih dan terhindar dari infeksi.
BACA JUGA :  Tega! Bayi Berusia 6 Hari Ditempeleng Ayah Kandung di Surabaya

Bila rasa sakitnya tak tertahankan, kamu bisa minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Pastikan minum obat sesuai dosis yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter, ya.

Cegah Kaki Lecet karena Sepatu dengan Cara Ini

Agar kamu bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa menimbulkan lecet di kaki, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Gunakan sepatu dengan ukuran yang pas dan bahan yang nyaman

sepatu baru

Ukuran sepatu yang tidak pas bisa meningkatkan risiko terjadinya kaki lecet. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih sepatu dengan ukuran yang pas dan bahan yang nyaman.

Saat kamu membeli sepatu baru, kamu juga bisa menggunakan pembentuk sepatu kayu (shoetrees) atau memasukkan plastik sampai penuh agar sepatu bisa lebih renggang. Biarkan sepatu dalam keadaan ini selama 1–2 hari.

Selain itu, mengoleskan leather conditioner atau minyak kelapa dan minyak zaitun di area sepatu yang paling sering bergesekan dengan kaki juga dapat membuat permukaan sepatu yang kasar menjadi lebih lembut.

  1. Gunakan kaus kaki
BACA JUGA :  384 Piala Penghargaan Kota Bogor Dipajang di Galeri dan Perpustakaan

sepatu baru

Menggunakan kaus kaki juga bisa melindungi dan mencegah terjadinya kaki lecet. Pastikan kaus kaki yang dipakai dapat menyerap keringat dengan baik, seperti bahan katun. Jangan lupa mengganti kaus kaki jika dirasa sudah lembap atau basah, ya.

  1. Gunakan bantalan atau plester

sepatu baru

Kamu bisa menggunakan bantalan tambahan di sepatu untuk menjaga kaki dari gesekan, sehingga luka lecet dapat dicegah. Selain itu, kamu juga bisa menempelkan plester atau lakban kertas di atas tumit atau jari-jari kaki agar tidak lecet.

  1. Pakai petroleum jelly

sepatu baru

Sebelum memakai sepatu atau high heels, oleskan petroleum jelly di bagian kaki yang rentan lecet. Cara ini bisa mencegah luka akibat gesekan kulit dengan permukaan kasar.

Meski bukan tergolong berbahaya, kaki lecet karena sepatu perlu diatasi dengan benar supaya lukanya tidak semakin parah atau malah mengalami infeksi. Lakukan juga cara mencegahnya supaya kaki bebas lecet dan kamu bisa beraktivitas dengan leluasa. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================